Bikers yang sudah lumayan lama berkecimpung di dunia permotoran pasti tahu motif ban seperti di foto. Motor-motor batangan yang diciptakan untuk bekerja keras banyak yang menggunakan motif alur ban depan macam ini. Motif garis-garis atau kembang tahu memang saat ini sudah lumayan jarang, sebab setahu saya tidak ada lagi motor keluaran gress di tanah air yang menggunakan kembangan yang terlihat jadul ini. Sekarang memang trendnya ban dengan kembangan yang minim motif, ya lebih terlihat sporty dan keluar aura balapnya lah… Tak heran, banyak yang berpaling dari ban dengan motif kembang tahu ini, akibatnya, jumlah persediaan pun menipis dikarenakan suplai dari produsen yang pastinya menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Bagi Bro yang merasa grip di musim penghujan kurang, mungkin bisa melirik model kembang tahu. Katanya sih kembangan model gini paling top gripnya di lintasan basah. Dulu saya juga pernah coba di Tiger Hitam, it works lah… Cengkraman ban di lintasan basah maksimal. Di lintasan kering pun juga oke kok, tidak terlalu menggigit ketika motor tegak, jadi tak perlu kuatir, lari motor jadi berat. Namun, ada kelemahannya juga: Kotor! Yup, buat Bro yang banyak lewat jalanan bertanah atau rusak, dijamin dibuat dongkol. Apalagi kalau motor masuk ke dalam rumah atau garasi. Banyak tanah yang nempel dan terselip di sela-selanya.

Buat mereka yang doyan modif ala motor jadul, ban model gini juga layak dilirik lho… Keluar kesan klassiknya deh! Sayangnya, ukurannya sangat terbatas. Jadi, jangan harap bisa menemukan ban dengan kembangan kembang tahu dengan ukuran tapak lebar. Oh ya, satu keuntungan lagi untuk ban dengan tapak model kembang tahu: harganya relatif ekonomis lho…

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah karakter berkendara yang harus ahak diubah. Ban dengan kembangan macam ini, sepengalaman saya, kurang cocok untuk rebah, sebab permukaan di pinggir ban ketika menikung cukup minim. Saya pernah coba dengan R27 waktu di Bali lalu. Saat menikung ke kiri, R27  menawarkan kestabilan mantabs menggoda untuk diajak rebah. Dengan kemiringan normal sih oke, tetapi ketika saya coba lebih rebah lagi, ban depan R27 kehilangan grip. Langsung reflek menurunkan kaki kiri dan menegakkan posisi motor.. pfyuuuh…. selamat..selamat…