450_Kawasaki-ER-6n (jpg)Siapa yang tak tertarik dengan moge Kawasaki yang berikut ini. Bentuknya yang serba pas memang menarik, apalagi harganya benar-benar tergolong adem di kantong. Tak heran, ini motor laku keras dan menjadi motor naked bike best seller Kawasaki. Di Jerman, posisi motor ini bahkan duduk di peringkat ke-2 motor terlaris 2011 di bawah BMW R1200 GS. Di Inggris, Italia, Spanyol, Prancis dan Jerman, motor ini laku hingga 60ribu unit! Tak heran, sebab doi memang praktis, cocok untuk harian dan handlingnya mudah. Selain itu, ER-6N termasuk cocok bagi bikers berperawakan kecil, apalagi keluaran terbaru nanti yang memiliki rangka baru. Tak heran, motor ini begitu disukai- dan tak heran, Kawasaki sangat memperhatikan kelangsungan penjualan motor rakitan Thailand ini.

Kawasaki ER-6n 2012Secara penampakan, catnya pasti terlihat lebih segar. Front lamp pun dapat desain baru, lampu sen pun bergeser, dari shroud damping ke wilayah samping front lamp. Buntut pun juga didesain baru dan dipermanis dengan lampu rem baru.

Tak cuma penampilannya saja, motor seharga 6995 Euro ini banyak direvisi oleh Kawasaki. Dengan software baru yang mengatur sistem injeksi, doi punya torsi yang lebih mantebs dari putaran bawah. Sejak 3000-4000 rpm, akselerasinya sudah lumayan yahud. Kalau mau ngebut, cukup mulai dari 6000 rpm, maka mesin twin pararel 650 cc ini siap mengeluarkan power maksimalnya yang tetap sama di 72PS. Meskipun torsi dikatan lebih mantebs dari putaran bawah, torsi maksimalnya malah turun, dari 66 ke 64 Nm. Top speed yang bisa tembus 200 Km/jam pun lumayan, enaknya, motor ini juga masih stabil di kecepatan itu, terlebih versi 2012 dibekali ban Dunlop terbaru, yakni Rodsmart II yang dinilai stabil dan top dalam memberikan feedback.

Tak hanya rangka dan lengan ayunnya yang baru, tankinya juga brau, lebih tinggi 2 cm dan naik kapasitasnya, dari 15,5 jadi 16 liter. Motor ini juga cocok untuk touring jauh, sebab setang juga dibuat lebih lebar 2 cm dan posisi jok dibuat terpisah. Kedua jok pun dibuat lebih tebal, nyaman… Desain hadel untuk boncenger pun baru, boncenger semakin betah deh… Buntut juga didesain lebih pendek 1 cm dan lampu LEDnya pun baru.

Suspensi depan dan belakang juga baru lho, lebih panjang dan jarak mainnya juga lebih jauh dari versi sebelumnya. Kawasaki merancang motor ini bisa menahan beban lebih banyak, naik jadi 200Kg! Wah, bisa buat dagang gas dan Aqua galon nih… Knalpot juga dikabarkan baru dan menambah penyaluran torsi putaran bawah. Sayangnya, karena penggunaan knalpot kolong, jadi tak pakai standard tengah deh nih motor. Namun, untuk sehari-hari di kemacetan, motor ini juga masih enak buat nyempil, sebab sudut putar kemudinya pun diperbesar, tentunya tak sebesar Bajaj roda 3 lah hehehe….

Perubahan lainnya ada di filter udara. Tadinya pakai filter busa yang dioliin sedikit, kini jadi model filter kertas. Selain itu, ABSnya pun juga mendapat sentuhan perbaikan. Rider pun lebih aman dari bahaya ban terkunci saat mengerem habis-habisan.

Kawasaki ER-6n 2012_2Spidometer juga mengalami pembaruan. Selain jelas terbaca, doi juga diperlengkapi dengan dobel tripmeter, jadi rider bisa tahu jarak tempuh total dan jarak tempuh rute yang baru dilaluinya. Motor ini pun cocok bagi mereka yang doyan ECO-riding, sebab ada juga petunjuk konsumsi bahan bakar rata-rata dan konsumsi bahan bakar saat itu juga.

Hmmm.. menarik memang, apalagi kalau jual R27 bisa gebet nih motor hihihihi……

Iklan