BMW R27 dan Honda Tiger Blog Sesat sudah lebih dari setahun ini menggunakan oli Shell. Performanya memang lumayan oke. Dulu Tiger Hitam beralih dari Castrol Power 1 ke Shell karena testimoni adik saya. Katanya, memakai oli Shell itu mantebs, Thunder 125nya jadi lebih responsif dan mesinnya adem. Nah, merasa Castrol Power 1 yang dipakai tak terlalu istimewa, beralihlah saya pakai Shell. Ya, oke sih..mesin memang terasa lebih adem dan tak terlalu berisik.

Nah, sekitar awal bulan ini saya pakai Thunder 125 adik saya, lalu saya tanya: Kok klepnya jadi tidak berisik? Dia bilang, dia ganti Pertamina Enduro, soalnya ini oli recommended untuk Thunder 125 kata forum-forum motor 125 cc ini. Selain itu memang ada BM1, tetapi karena harganya tinggi, adik saya pakai Enduro. Menurutnya, mesin jadi lebih responsif dan bunyinya juga berkurang. Wah, mantepan Enduro dong… Eh minggu lalu dia beralih lagi ke Shell, dan dia bilang, tarikan motornya kembali lemot dan klepnya kembali agak berisik…

Pengalaman tak sampai situ, lusa lalu saya ngobrol dengan mekanik Vespa yang doyan bangun Vespa balap. Doi merekomendasikan, oli samping pakai Castrol saja, jangan pakai Shell katanya. Dia bilang, sekarang Shell tidak bagus, baunya sangit dan banyak kerak di ruang bakar. Padahal, dulu tak begitu….

Hmmm.. selepas mendengar kesaksian dan rekomendasi doi, saya jadi teringat pengalaman dengan Shell dari adik saya yang sudah saya ceritakan di atas. Wah, kenapa begitu ya? Ini juga kan kesaksian dari pemakai lho… bukan orang yang punya kepentingan apa-apa.

Apa benar kualitas Shell menurun????? Jangan sampai demi memperluas pasar dan mengejar harga ekonomis, kualitas olinya diturunkan kan… Saat ini sih saya belum ada rencana beralih dari Shell, meskipun begitu, kesaksian-kesaksian tadi lumayan mengusik juga.. Kalau ada produk merk lain dengan harga sama punya performa lebih bagus, siapa yang tak tergoda???

