Dani Pedrosa ist froh, auf seiner Werksmaschine sitzen zu dürfen

Selain berada di tim sama, Pedrosa dan Stoner punya pandangan sama atas fenomena CRT bikes tahun mendatang. Keduanya satu hati tidak minat menunggangi CRT bikes, kalaupun kemungkinan itu datang tahun 2013 nanti, ya sesuai sikon lah… Stoner lebih tegas menyatakan ketidaksukaannya, sedangkan Pedrosa sedikit lebih diplomatis. Doi masih melihat-lihat keadaan. Sebenarnya kita tak perlu antipati juga, sebagai bikers pencinta kecepatan, kita tentu juga menyukai motor-motor kencang. Pembalap macam Stoner dan PEdrosa pun demikian. Mereka sudah pernah menunggangi motor yang gila-gilaan performancenya, dipastikan mereka juga akan kehilangan faktor hepi-hepi kalau sampai mengendarai CRT bikes. Ya mirip-mirip pembalap MotoGP, kalau mereka ke Superbike, mereka merasa turun kelas! Dan, kalau sudah merasa sensasi geber MotoGP, motor Superbike bakal terasa kurang greget. Pedrosa bahkan mengatakan, bukan faktor mesin saja yang kalah kompetitif dari prototipe, faktor lainnya macam rangka, rem dan suspensi pun doi anggap belum sebaik MotoGP! Inilah faktor yang menjadi alasan kedua pembalap itu enggan menggeber CRT bikes.

Bagaimana dengan Rossi? Doi membuka hatinya untuk CRT bikes. Rossi menanti perkembangan keadaan dan dia oke-oke saja kalau masa depan malah diwarnai dominasi jumlah CRT-bikes, bahkan kalau prototipe tergusur CRT bikes. Buat the Doctor yang terpenting bukanlah motor, tetapi kompetisi! Namun, jangan lupa juga, kompetisi yang ramai bukan ditentukan jumlah motor dan pabrikan yang berbeda-beda!

Sebenarnya sedih juga melihat MotoGP yang seperti megap-megap mencari peserta. Alasan dana kelewat besar selalu dikedepankan. Namun, kalau kita bandingkan dengan F1, rasanya dana untuk tim MotoGP masih bisa dibilang kecil! Atau perlu kita akui, kalau MotoGP itu memang tak sepopuler F1, sehingga sangat sulit untuk pengadaan dana di ajang ini?

Ki Gede Anue menyarankan Dorna, untuk meningkatkan Popularitas, segeralah melirik negara macam Indonesia, India dan negara Amerika Latin yang saat ini tidak menyelenggarakan MotoGP. Kasihlah diskon buat negara-negara ini, toh dengan meningkatnya popularitas, uang akan menyusul….