Dani Pedrosa wird in drei Wochen in Sepang wieder auf seiner Honda sitzen

Dalam rangka menghadapi kompetisi MotoGP 2012, para pembalap tentunya tak mau ongkang-ongkang kaki saja. Dani Pedrosa salah satunya, bahkan demi latihan fisik, pembalap yang kini tinggal di Jenewa, Swiss itu rela meninggalkan kediamannya. Terlalu dingin latihan outdoor di Swiss! Doi pun memutuskan hijrah, ke negaranya sendiri, tepatnya ke pulau Lanzarote, salah satu pulau di kepualauan Kanaria.

Pembalap yang tinggal di Swiss karena alasan perpajakan ini, membawa serta pelatih fitnes pribadinya, Sebastia Salas Paus. Doi langsung geber jogging dan mountain bike…hmmm mungkin memang lebih aman main mountain bike dibandingkan motocross ya! Jangan sampai menyusul Hayden, apalagi Dovi yang tulang selangkanya patah dua bagian dan masih belum jelas, apakah 31 Januari nanti bisa geber M1 di Sepang.

Pedrosa mengatakan, alon-alon dulu pas awal latihan, sebab sendinya masih kaku. Doi sengaja berlatih serius untuk memulihkan cedera peninggalan Simoncelli di Le Mans tahun lalu. Ketika ditanyai peluangnya, doi tak mau jawab. Menurutnya, belum jelas juga kekuatan lawan. Ya, masih tunggu akhir Januari nanti, saat doi kembali geber RC 213 V dan saingannya juga turun test.

Pedrosa juga menyadari, paket motor juga harus cocok dengan karakter ban. Was-was juga, sebab faktor Bridgestone yang hanya semerk dan sejenis untuk semua pabrikan ini sangat menentukan. Tau dong, tahun lalu pun Bridgestone disinyalir menjadi faktor besar penyebab kegagalan Ducati, dan salah satu yang jelas-jelas bilang soal ini adalah Carlos Checa.

Faktor ban yang begitu krusial ini juga sering dikatakan Stoner. Doi malah bilang, Bridgstone karakternya berubah-ubah dari tahun ke tahun dan aneh. Bridgestone punya karakter lama panas, inilah yang membuat banyak kecelakaan di awal lap. Stoner sendiri justru menggeber motor agresif di awal lap, supaya temperatur cepat maksimal. Cara ini juga yang disinyalir diikuti Simoncelli, tetapi sayangnya membuat Sic jatuh, dan terakhir dibayar sangat sangat sangat mahal!

Stoner mengomentari, sliding-sliding ketika Bridgestone masih dingin tak begitu masalah bagi pembalap seperti dirinya dan Hayden yang memang berasal dari dirt track. Stoner bilang ini ban aneh, karena, ketika Bridgestone memanas dan gripnya optimal, maka di pertengahan lomba malah temperatur ban kembali menurun. Dan anehnya, ketika dipaksa dan dibawa agresif pun, temperatur ban tetap menurun. Aneh ya… percaya atau tidak, itu kata Stoner lho…

Iklan