DSC09790Sampeyan pasti kenal dengan istilah human race. Istilah untuk menyebut kita sebagai manusia ini sepertinya memang menggambarkan salah satu sifat manusia yang pada dasarnya senang untuk merasa lebih dari yang lain. Ada sifat dasar kita yang sebenarnya baik, yakni ingin berpacu, RACE! Segala sesuatu bisa dijadikan RACE!

DSC09791Sifat ini sih baik-baik saja, selama terkontrol dengan baik. Tanpa naluri untuk race, kita akan jalan di tempat dan terlalu konservatif. Masalahnya, kalau racenya jadi balap dan kebut-kebutan di jalan???? Apa tidak bisa memperoleh kemenangan lain selain race-race-an di jalan itu?

Belum lagi didukung oleh paradigma motor sekarang yang ditekankan sifat racingnya! Dengan rem pakem, akselerasi yahud, beberapa teknologi balap yang dengan penyesuaian hadir di motor anyar pun menghipnotis pengendaranya untuk berkendara ala race!

Dulu saya pun terhipnotis race! Race beralih ke jalan, suka ngetest top speed, suka menjajal onderdil racing dan memaksa motor untuk meraih limitnya. Tetapi itu dulu, setelah dua kali kecelakaan dalam sebulan, saya mulai bertobat. Semangat untuk race harus dipadamkan sedikit atau dialihkan ke bidang lain..

Tentu ada terapinya untuk memerangi gaya berkendara ala race.. Dari pengalaman, cari motor yang tenaga mesinnya pas-pasan dan kemampuan remnya ala kadarnya! Ane jamin, ketagian dan semangat race pelan-pelan terkikis. Kalau kurang ampuh, cari motor yang onderdilnya mahal! Dijamin mikir berkali-kali kalau bawa motor ugal-ugalan dan buka gas seenaknya. Sekarang saya sudah lumayan bebas dari pengaruh hipnotis race, mungkin faktor umur juga ya huhuhu….