motrikIni adalah salah satu contoh sosialisasi penggunaan motor listrik di Jerman. Simple saja, tidak perlu special efek atau proses pembuatan iklan dengan dana gila-gilaan, tetapi cukup dengan menunjukkan kemudahan pengisian baterai motor listrik. Langkah sederhana ini tepat, sebab memang poin ketersediaan tenaga dan tempat pengisian masih saja menjadi pertanyaan dan membatalkan niat orang mengambil kendaraan berpenggerak listrik.

Untuk Indonesia, wah, masih lama ini. Pastinya diperlukan dulu tempat pengisian baterai di mall, perkantoran, sekolah dan fasilitas publik lainnya. Supaya cepat dan bisa mengangkat tema lifestyle, harusnya perusahaan enyedia energi asing bisa dilibatkan dan memulai penyediaan fasilitas ini, ya mirip bank dengan atmnya lah. Yang penting diingat, tentunya tenaga listrik yang diperoleh ya dari tenaga alam yang bisa diperbarui, seperti tenaga air, tenaga angin, tenaga surya dan tenaga surya saputra. Kalau hanya tenaga diesel, ya, itu sama aja boong untuk kelestarian lingkungannya.

Bagi yang ingin buat motor listrik, memang bentuk yang menarik menjadi syarat mutlak, sebab mau tak mau mereka harus punya daya jual itu dan mengedepankan lifestyle! Mungkin kalau yang buat Vespa bisa booming nih… Teringat pertanyaan teman yang awam, mengapa harga Vespa bisa semahal itu, sebab dia bandingkan speknya dengan motor Jepang sekelas.. Ya, itu karena ada faktor lifestyle disitu kan… Dan tentunya komunitas yang memang kuat!

Iklan