DSC09820 Ingin tampil dengan motor yang berbeda, tentu kreatifitas diminta di sini. Dana banyak atau sedikit, kadang bukan itu faktor penentunya, tetapi bagaimana kita menginginkan motor kita itu nantinya. Nah kalau sudah kebayang, tinggal beli part yang dibutuhkan, dan kalau tidak ingin ada yang sama, tentu situ harus buat yang khusus. Memang bisa dipastikan lebih banyak keluar uang dan sabar menunggu, tetapi hasilnya sepadan kok. BMW K100GL saya buktinya… Semuanya hanya pernak pernik CB 100 plus rangka dan kaki-kai bawaan GL 100, hanya tankinya saja yang beda. Tepai, tanki beda dengan stripping pas dan logo BMWnya, K 100 GL berhasil mencuri perhatian kemanapun dia nggelinding.

Saya pesan tanki ini di Hantu Laut di Haji Nawi. Setelah ngobrol bentar dan menjelaskan konsep dengan mas Dony (entah gimana nulis namanya-red), saya serahkan tanki original GL 100 dan disepakati biaya 700 ribu rupiah, terima jadi plus cat hitam, pernis dan poles dengan waktu pengerjaan seminggu. Saya tak pakai bawa gambar segala, cuma menunjuk contoh tanki motor customer yang sudah ada dengan sedikit permintaan lainnya, yakni: agak kaku, lebih panjang sekitar 5 cm dari tanki asli, lebih tinggi sekitar 5 cm juga dan tentunya laci untuk kotak amal Blog Sesat.

Sebenarnya saya diminta untuk membawa motor, agar tanki pas, tidak mentok setang dan center, tetapi berhubung motor lagi dibangun dan nguber waktu, ya saya serahkan tankinya saja. Ada risikonya sih, baut komstir sedikit mentok ke tanki kalau setang dibelokkan mentok, ya codet dikit deh hihihi… Kekurangan lainnya akibat tanki tak saya bawa beserta motor adalah dimensinya yang sembalap abis… Yup, mantabs sih tanki panjang, tetapi handling jadi lumayan racy… Akhirnya setang pendek ala Cafe Racer pun diganti setang standard seukuran Ninja 2 tak, ya lumayan pendek dan bentuknya masih dapat. Yang penting si “Michael” ga kesemutan kena getaran tanki hihihi… Kesalahan lainnya di tanki panjang adalah pangkal tanki ke jok. Di bagian itu sebaiknya mengerucut, tidak lurus seperti di tanki K 100 GL, sebab bagian itu malah mengganjal paha. Andaikan dikecilkan di masing-masing sisi 3 cm saja, dah, tak ada yang perlu dicomplain. Ini tanki terlihat extra besar karena GL 100nya yang kecil, padahal panjangnya saya kira-kira tak beda dengan tanki original Tiger.

Tanki yang dibuat dari plat 0,8 mm ini lumayan kuat, puas dengan kualitas bentuk dan materialnya. Desain yang oke plus minim lekukan di bagian bawah tanki mudah-mudahan menjauhkannya dari kebocoran dini. Yup, sedikit mungkin beri peluang bagi air dan karat untuk mengendap.

Oh ya, satu lagi yang perlu diperhatikan, soal waktu. Dari pengalaman-pengalaman ane, biasanya bengkel suka ngaret. Jadi, kalau ingin cepat selesai, ente harus rajin datang ke tu bengkel. Si tanki K 100 GL ini misalnya, baru selesai setelah 3 minggu, artinya mulur 2 minggu. Ya, selain antrean panjang, tentu faktor cuaca juga harus diperhitungkan..