DSC09769

 Buat ABG tahun 80 dan 90an, banyak yang kenal Honda GL 100. Motor yang identik dengan bapak-bapak dan orang susah ini (peace ah…-red)bisa dibilang memenuhi kebutuhan bikers secara minimalis, ya seadanya!  Maklum, secara harga, doi seadanya, harga onderdil, seadanya, jadi jangan harap banyak dari sekedar ala kadarnya!

 Bagaimana rasanya BMW K 100 GL alias Honda GL 100 K ini? Yang paling enak dari motor ini adalah: ringan! Pengendara dengan mudah mengontrol motor dan mengubah arah. Untuk menikung-nikung diparkiran jelas doi rajanya, sanggup nikung patah-patah. Di tikungan cepat pun, meskipun tapak bannya hanya selebar bebek, doi cukup memuaskan kok. Motor memang tidak terlalu anteng, tetapi pergerakannya mudah dideteksi, jinak deh… Selain itu, karakter ban yang kecil dan suspensi yang tidak terlalu meredam getaran membuat motor ini terasa semi rigid, jadi pengendara benar-benar bisa merasakan keadaan jalan dan daya cengkram ban. Btw, naik GL 100 dan Tiger Revo, entah kenapa, rasanya lebih menjejak naik GL 100! Mungkin karena powernya yang kecil ya…

Ke soal power… Apa yang bisa diharapkan dari mesin tahun 70an berkapasistas 100 cc???? Diatas K 100 GL, saya hanya jadi bulan-bulanan di jalan hihihi..bodo amat, toh mau jalan santai. Untuk akselerasi awal, jelas kalah dibandingkan motor-motor baru 110 cc, namun, masuk gigi 4 dan 5, GL 100 tidak mengecewakan. Bebek dan Matic 110 cc perlahan bisa dikejar lho… cuma ya itu, ngeden hihihi (bikin malu aja-red).

Bagaimana dengan pengereman? Wah, dibelakang normal lah, seimbang dengan tromol motor-motor baru. Nah rem depannya itu lho yang unyu….  Pakeman rem sepeda! Memang sih tampangnya cakram, tapi doi masih mekanis, jadi berpenggerak kabel, bukan ditekan dengan tekanan minyak rem. Bro mau beli baru kaliper ori GL100? Wah, coba deh…saya pernah tanya, katanya 1,5 juta! Wuuuuuu… Belom jadi motor kolektor aja sudah segitunya. Saya sendiri sempat berpikir untuk mengganti dengan kaliper yang menggunakan minyak rem, tapi sayang juga, apalagi setelah tahu harga kaliper baru originalnya.