DSC09992

Tersesat ke website otomotif.net, ada kabar yang mungkin sudah ditunggu lama bikers tanah air: kehadiran motor listrik nasional! Bapak Dahlan Iskan yang sudah banyak meraih simpati dengan gebrakan-gebrakannya akhirnya melirik lahan yang memang seharusnya lebih dulu diuber sebelum punya mobil nasional.

Gebrakan motor listrik memang yahud dan tepat, sebab kalau memaksa menggebrak dengan motor bensin, habislah motor nasional kalau harus berduel dengan raksasa macam AHM dan YIMM, kabur sebelum bertempur urusannya…

Dari informasi yang sudah dipaparkan, motor listrik yang katanya dikembangkan di Bandung ini sudah ditest oleh Dahlan Iskan sendiri, katanya sih tak ada masalah… Info penting lainnya adalah harganya yang 22 juta. Hmm.. terlalu mahal kalau mau menggebrak pasar motor nasional dengan harga segitu, pasalnya motor listrik masih dianggap mainan, dan desain yang ditawarkan kabarnya:bebek!

Soal harga, memang diakui mahal, ini dikarenakan kita masih tergantung dalam pengadaan baterainya. Yang ingin dibahas Blog Sesat adalah bentuk dasarnya yang mengacu ke motor bebek…

Maaf-maaf aja nih, kenapa harus bebek? Sebab dipastikan sulit jika harus membuat wujud bebek yang keren… Desain harus jadi andalan utama di sini, sebab menggoda masyarakat Indonesia memerlukan desain yang aduhai, ya seperti yang sudah kita bahas-bahas selama ini. Motor listrik nasional tidak bisa sebatas mengandalkan fungsionalitas, tetapi harus mengincar sisi lemah calon konsumen: Lifestyle! Gengsi! Nah, lumer tuh banyak hati orang Indonesia jika sebuah produk sudah identik dengan lifestye..

Desain kendaraan lebih baik seperti sepeda dan seringan mungkin, toh yang diperlukan disini adalah daya tempuh kendaraan dan kepraktisan, akselerasi dan top speed jelas belum jadi tuntutan utama seandainya motor listrik nasional ini jadi.

Hal lain yang perlu dipikirkan tentunya garansi dan jaminan ketersediaan suku cadang. Mungkin harus dicoba dengan pelayanan ala mobil mewah, yakni ketika kendaraan rusak, kendaraan dijemput ke rumah, syukur-syukur diberikan kendaraan motor listrik pengganti sementara.

Hmm, kita lihat nanti deh, semoga desain benar-benar diperhatikan dan segera bisa kita lihat wujudnya si motor listrik ini nantinya..