DSC00169

Moge 2 silinder (tanpa menyebut konfigurasi pararel inline/ V-Twin/ Boxer) identik dengan Ducati yang mengambil gaya V-Twin awalnya akibat terinspirasi mesin Harley Davidson.

Mendengar knalpot dobel di bawah jok, dijamin kebanyakan ingetnya Ducati, meskipun sekarang bisa juga  teringat ke R1, CBR 1000 RR gen lama dan CBR 600 RR.

DSC00170

Mendengar lengan ayun single alias pro arm, hmmm kalau di Indonesia mungkin lebih kenal dengan NSR 150 SP, tetapi di luar sana tentu langsung teringat sosok Ducati 916 dan keturunannya.

Nah, kalau ketiga ciri itu digabung (moge mesin 2 silinder, knalpot undertail, lengan ayun tunggal) sebagian besar bisa dipastikan menyebut Ducati 916 (atau keturunannya). Padahal BMW juga punya… Hanya saja 2 silindernya khas BMW, yakni boxer, konstruksi yang memungkinkan pendinginan maksimal sehingga tidak terlalu membutuhkan oil cooler, apalagi radiator. Tentu bentuk ini ada negatifnya, terlalu menahan angin dan membuat motor tidak terlalu bisa diajak rebah, makanya di era modern tidak dipakai balap dan BMW pilih menelurkan S1000RR

Jika mayoritas diminta menebak berdasarkan ketiga ciri tersebut dan menjawab Ducati, itu normal! Begitulah cara kerja otak manusia yang selalu berusaha menyederhanakan dunia  yang kompleks ini. Otak akan mencari prototipe-prototipe yang mewakili sesuatu. Prototipe inilah yang muncul ketika kita diminta untuk spontan memberikan jawaban.

Nah, jika kita menanyakan, motor apa yang sistem penggeraknya gardan, bukannya rantai, mayoritas dipastikan menjawab BMW! Padahal produsen-produsen motor Jepang juga pernah membuat motor berpenggerak gardan.

*artikel gak jelas

DSC00168

Iklan