Dari judulnya pasti terdengar provokatif.  Tapi itulah kenyataannya. Ada aja yang nantangin BMW K 100 GL hehehe…. Mungkin karena bentuknya yang sembalap dan banyaknya CB 100/ GL 100 berbulu domba, yakni motor-motor tersebut yang bermesin Tiger/ berkapasitas ala Tiger.
DSC09770Banyaknya CB 100/ GL 100 yang dibore up dan stroke up hingga larinya gila-gilaan membuat banyak orang yang sudah tahu, bahwa motor-motor macam itu tak bisa diremehkan. Salah-salah malah dipermalukan oleh motor tua berdarah muda itu. Kalau sudah begitu kan TEEENGGGSIIIIIIINNN! TENGSIN! TENGSIIIIIN!!!!!!

Picture (2)

Tapi, ada tidak enaknya bagi si K 100 GL. Sepertinya saat bertemu di jalan, beberapa bikers menganggap doi motor buat asoy geboy, padahal doi motor buat menikmati angin sepoy-sepoy, kapasitasnya masih sekitar 103 cc saja… Tak ada satupun piranti racing tertanam di motor ini.

Yang pertama misalnya saat ketemu CBR 150 R Repsol di salah satu kawasan di Depok. Doi yang pake jaket club CBR Depok nyamber K 100 GL, abis nyalib, kecepatannya tidak terlalu ditambah. Sampai di sebuah tikungan cepat, ane iseng kuntit dari belakang. Sang rider CBR bergaya memasuki tikungan secepat mungkin dengan gaya hangig off. Ane cekakak-cekikik saja nguntit di belakang.

Masa ban lebar, monoshock, rangka ala motor sirkuit  masih ketempel di tikungan sama GL 100 standard xixixixi… Ane pun sok sok ngomporin dengan narik gas di tikungan (Stoner style-red). Doi pun ikut tarik gas sambil mengimbangi dengan gaya hanging off hehehe… padahal ane masih bisa nguntit di belakang. Hanya saja saat keluar tikungan GL 100 pasti tertinggal (ya iyaaalah….), tapi akselerasi awal CBR menurut ane  kurang, kalau pakai Tiger yakin kesalip tuh pas keluar tikungan..

Lalu, kasus kedua lebih aneh lagi. K 100 GL yang lagi jalan santai di Pondok Cabe tiba-tiba disamping-sampingin sama Ninja RR. Dia nengok ke ane sambil geber-geber gas ngajak ngetest tarik-tarikan. Ane cuma melirik dan sok-sok ga lihat xixixi… Hadeuuuh… Ninja kok nantangin motor bapak-bapak 100 cc teknologi 70an sih….cabeee deeee………