Motor-motor BMw yang keluar belakangan ini tampaknya makin menggila di segi desain dan teknologi. Dari segi desain, bentuknya semakin aneh-aneh dan lebih membutuhkan waktu untuk memahami kecantikannya, ya meskipun desainnya belum seekstrim KTM…

BMW_Neuheiten_005.jpg.2195279Dari segi teknologi pun BMW lumayan gila-gilaan. Ini membuat BMW memiliki image modern, tetapi di sisi lain bisa dianggap mubazir! Sebut saja pendingin air alias radiator di motor-motor bermesin boxer teranyar mereka. Seperlu itukah radiator? Sebenarnya tidak, sebab mesin boxer sudah terkenal awet dan mudah adem karena konstruksinya yang melintang dan set kompresi yang rendah dan tidak mengutamakan tenaga puncak. Namun, tampaknya BMW menyadari ini. mereka merancang motor yang beraliran simple, tetapi tetap menghadirkan feel BMW. Misalnya yang belakangan ini digosipkan dan dikabarkan kadang tertangkap kamera paparazi, yakni BMW R 1200 Roadster. Motor baru ini kepergok di test di jalan umum didampingi KTM Superduke.

Kalau dilihat tampilannya, ada beberapa catatan. Yang membedakan dengan seri Roadster sebelumnya adalah knalpot yang mengingatkan pada produknya Ducati. Hal lain yang terlihat agak keluar pakem BMW adalah pemakaian suspensi depan. Suspensi telelever yang terkenal maknyus redamannya dilengserkan garpu USD biasa yang disinyalir dicomot dari S 1000 RR. Langkah praktis sih, suspensi ini lebih cocok untuk jalan aspal, lebih dapat feel keadaan jalan, lebih ringan dan biaya produksi jauh lebih murah. Pendinginanpun cukup disokong oil cooler saja, lebih simpel dan minim perawatan!

Kesan minimalis yang ditawarkan motor yang dikabarkan berbobot 225 Kg dan bertenaga 110 PS ini justru menjadi daya tarik tersendiri. Nih lihat perkiraan sosok R 1200 Roadster yang kabarnya baru akan diperkenalkan resmi beberapa bulan ke depan:

BMW_Neuheiten_001.jpg.2195274