DSC00439MEsin 4 silinder di Indonesia memang tergolong mesin dambaan bikers. Maklum, sensasi bunyinya yang sopran menimbulkan perasaan yang gimana gitu…

Beda dengan karakter negara yang sudah banyak kelimpahan mesin 4 silinder. Mesin 4 silinder dinilai kurang berkarakter dan “ga cowo bgt”, maksudnya, masih gagah, tetapi wibawa dan bunyinya lebih dianggap jantan yang 2 silinder.

DSC00438Bagi bikers luar sana yang doyan bongkar mesin sendiri, jelas 2 silinder atau 1 silinder lebih disukai. Mereka lebih suka kepraktisan dan kebebasan (maksudnya bebas dari teknologi super canggih yang hanya dimiliki segelintir orang). Minat pada mesin dobel silinder tak lepas juga dari perawatan yang lebih ribet, jumlah onderdil mesin yang lebih banyak, sehingga lebih mahal!

Bahkan sekedar untuk membongkar dan membersihkan karburator saja sudah ribet! Nyopotnya gampang, masukkinnya susahnya amit-amit, bikin stress!