Dani_Pedrosa_MotoGP-Test_Sepang_2_2013.jpg.2174032Banyak teknologi MotoGP yang pada akhirnya akan sampai ke motor harian. Sebut saja teknologi rem cakram, monoshock, radiator dan garpu USD yang kini lumrah hadir di motor umum. Bahkan beberapa motor pun mulai dibekali traction control, ABS, slipper clutch dan launch control! Sebuah gambaran yang memberi pesan, bahwa motor harian tak beda jauh teknologinya dengan motor balap, meskipun secara kualitas, pasti beda lah itu komponen…

Hal yang paling penting dan paling banyak diperlukan banyak orang tentunya konsumsi bensin! Zaman dulu, balap GP tak pernah persoalkan konsumsi bensin, yang penting motor harus secapat mungkin. Munculnya aturan yang mengangkat isyu lingkungan dan untuk menjaga kompetisi ternyata dapat mengubah itu semua. Kini, keiritan motor kita sebenarnya tak lepas dari balap MotoGP juga, sebab keiritan bahan bakar cukup menjadi faktor penentu dalam daya jual motor.

Oke…bayangkan zamannya GP tahun 1970an… zaman itu belum ada aturan soal konsumsi bensin. Tak heran, dalam balap di Spa-Francorchamps Belgia 1977, pembalap Barry Sheene membawa lebih dari 40 liter bahan bakar di Suzukinya! Yup, 40 liter! Tentu tankinya tak hanya di bagian depan, tetapi hingga ke buritan! Kok banyak banget? Bukannya merugikan?

Ya, secara stabilitas memang rugi, tetapi doi berhasil mencapai kecepatan rata-rata tercepat dengan 217,3 Km/jam dan menjuarai balap itu, itu bukti, bahwa memang keputusan saat itu tepat dan tak ada aturan yang dilanggar. Motor 500 cc 4 silinder jelas super rakus, sebab untuk menempuh 100 Km, motor itu minta 28 liter bensin!

Jadi RG 500 nya yang bertenaga 120 PS saat itu butuh 28 liter bensin/100 Km!

Efisiensi ini jelas terlihat di MotoGP macam M1 maupun RC 213V saat ini. MotoGP saat ini bertenaga jauh lebih besar, yakni 260 PS, tetapi konsumsi bahan bakar untuk menempuh 100 Km hanya butuh 17 liter! Jelas, tenaga lebih besar, jarak tempuh lebih jauh dan bahan bakar jauh lebih irit… Meskipun jelas sekali, bahwa harga motornya jauuuuuuuuh lebih mahal dibandingkan 2 tak 500 cc…