DSC00527

Suatu pagi saya parkir di tempat saya biasa jualan gorengan. Di sebelah K100GL terparkir sebuah Honda Blade Repsol edisi lama.

Yang membuat saya lumayan puyeng adalah di saat saya melihat cakram si motor yang umurnya saya rasa belum sampai 5 tahun itu. Cakram yang berkarat parah mengingatkan saya pada kualitas motor asal negri Wong Fei Hung di tahun 2000an awal, saat krisis moneter menerpa Indonesia dengan lucu-lucunya. Yup, model yang ditawarkan memang keren, tapi saat melihat salah satu produknya berkualitas kacau, saya sama sekali tak niat beli motor-motor asal negara itu ketika itu. Bayangkan, batang suspensi depan motor-motor itu pada karatan! Padahal si Tiger hitam saja yang jauh lebih tua tidak begitu. K100GL lebih tua lagi, keluaran tahun 1988, tapi batang suspensi depan tetap cling bersinar.

Nah, ini mengagetkan, maklum, satu pabrikan, dan dikenal dengan awetnya, tapi melihat cakram yang parah berkaratnya, image awet di mata saya langsung luntur, luluh lantak!

DSC00526

Saya pun melihat ke K100GL yang satu pabrikan yang terparkir di sebelah Blade Repsol versi lama itu. Hmmm, kondisi badan cakram K100GL jelas lebih baik meskipun usianya jelas-jelas lebih dari 20 tahun lebih tua dari produk sepabrikan, ya minimal semerek lah… Dan ingat, keduanya sama-sama motor entry level, bukan yang satu mahal, yang satu murah…

Iklan