Beberapa waktu lalu saya tersesat ke IIMS 2013. Sebenarnya malas hanya melihat kendaraan-kendaraan baru, apalagi motornya minim. Namun, karena sudah janji sama teman, jabanin deh… Apalagi teman saya ini sempat senasib sama-sama tersesat ke Jerman tahun 2004 lalu.

Booth macam milik Audi, BMW dan Mercedes menampilkan kendaraan-kendaraan exotis dan mahal. Sebenarnya tidak exotis banget sih, jadi exotis karena mahal kan hiihi.. beda dengan booth produsen Jepang yang nyaris serasa lihat-lihat mobil di parkiran sehari-hari, hanya saja plus AC, lighting oke dan senyum manis SPG, senyum yang harus ditebus dengan tiket 60 ribu per orang di hari Minggu huhuhu…

Nah, fokus ke judul, ternyata ada yang Jerman banget lho di IIMS 2013. Kali ini bukan Mercy dan bukan BMW… Di Indonesia, nyaris semua tipe ada dan bisa dibeli orang Indonesia, tapi yang Jerman banget ini, sayangnya belum saya lihat ada yang beli, nih penampakannya:

DSC00598Puas cekakak-cekikik melihat penampilan luar bus yang memang Jerman banget, kami berdua pun nyelonong ke bus produksi MAN ini.

Dan memang benar, bus extra panjang ini memang sama plek dengan bus yang ada di Jerman. Bus macam ini extra lega dan nyaman plus tarikannya bertenaga. Pintu pun bisa buka tutup otomatis dan badan bus bisa agak miring untuk memudahkan penumpang naik turun. Belum lagi tinggi bis yang rendah, jadi lebih aman untuk penumpang dan lebih manusiawi untuk yang pakai kursi roda.

DSC00599

Tampilan di dalam bus pun benar-benar meyakinkan kami, kalau bus ini memang bus yang juga ada di Jerman. Hanya bagian belakang saja yang tinggi, sedangkan depan dan tengah tergolong rendah dan dekat dengan jalanan (tidak cocok nih untuk Jakarta yang sering kebanjiran).

Hmmm, siapa ya yang akan beli bus ini? Untuk pariwisata menurut saya kurang cocok, sebab bus ini terlalu panjang untuk jalan luar kota. Cocoknya ya di kota yang memiliki jalan luas.

Btw, pas kebetulan hari ini lihat majalah Spiegel asal Jerman, ternyata MAN memang masih di bawah VW group. Ya, berarti sama statusnya dengan Audi, Porsche, Bugatti, Lamborghini, Ducati dan beberapa perusahaan otomotif lainnya.

Ya, entah kenapa, bus ini yang paling berkesan dari ajang IIMS 2013, Jerman bangeeeeeeettt………

Iklan