DSC00542

Gara-gara di rumah ada Suzi Smash gen awal yang terkenal akan kerenyahan bodynya, saya jadi akrab sama cable ties. Maklum, pakai baut kan suka pesach-pecah dan seiring waktu hilang satu per satu, jadi sebagian besar posisi baut memang sudah digantikan cable ties.

Tiap servis yang butuh bongkar body, ya kudu sedia cable ties baru. Meskipun kalau bukanya hati-hati sekali, cable ties lama bisa dipakai lagi, keseringan orang malas, sebab lumayan butuh ketelatenan dan butuh alat sih. Negatifnya penggunaan cable ties adalah harganya yang lumayan berasa, sebab sekali pakai buang, beda dengan baut.

Eh, pas ngubek-ngubek di salah satu tempat belanja bulanan, ketemu nih sama kabel kawat yang sering dipakai di kemasan hp atau barang elektronik lainnya, biasanya digunakan untuk mengikat kabel charger hp. Nah, enaknya kabel ini adalah tingkat keawetannya karena bisa digunakan berkali-kali. Kekuatannya juga lumayan. Untuk bongkar dan mengencangkan ikatan juga tak perlu alat.

Produk yang saya temukan itu panjangnya 30 meter lebih dan sudah ada alat pemotongnya di kemasannya, praktis! Harga yang 16 ribu rupiah juga menawarkan keekonomisan dibanding cable ties yang sebungkusnya saja bisa 20-30ribuan, tergantung ukuran lah…