DSC00607

Dulu waktu masih kecil, ada beberapa merek mobil yang ane sudah kenal ketika masih TK. Selain Peugeot, Datsun dan Mercedes Benz, salah satu merek mobil yang akrab sama ane: Subaru.

Yup, dulu bokap pernah punya Subaru. Jangan tanya ane Subaru apa dan bagaimana bentuknya. Yang ada di kepala ane cuma warnanya yang kaya kopi susu kebanyakan susu. Dan setahu ane, dulu Subaru hanya merk yang medioker, bahkan papan bawah. Ya setau ane sebagai anak TK lho ya… beda dengan Mercedes yang buat kita anak kecil aja udah tau: mobil orang kaya…

Namun, di tahun 2000an ke atas ada perubahan yang ane rasakan sebagai orang awam. Nama Subaru melesat di tanah air melalui event drag race yang waktu itu begitu menjamur. Untuk mobil-mobil spek joss, Subaru bisa dibilang merajai. Lancer-lancer EVO dibuat kaya mobil KW II oleh mobil-mobil Subaru Impreza yang hadir di ajang drag race yang jam 10 malaman ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta ketika itu. Setelah itu, ane merasakan, betapa merk yang satu ini langsung melejit pamornya di kalangan pencinta mobil drag race. Ditambah lagi prestasinya yang turut gemilang di ajang WRC, lengkap deh…

Subaru yang berlambang 6 bintang ini belum tentu banyak orang yang tau asalnya. Maklum, namanya agak gimana gitu, kurang Jepang ya.. padahal pabrikan asal Jepang lho…  Variannya memang tak banyak, ini bisa dikarenakan, karena dibanding rival-rival senegaranya, doi sangat kecil. Meskipun kecil, Subaru yang merupakan gabungan 6 perusahaan ini tetap punya profit yang berlimpah ruah.

Di Jerman, ternyata ada prestasi Subaru yang  identik dengan mobil All Wheel Drive ini. Di tengah hebatnya pabrikan-pabrikan mobil Jerman, ternyata di ADAC, Subaru dikenal sebagai mobil yang paling memuaskan pelanggannya. Ga tanggung-tanggung, di posisi 1! Malu ga tuh BMW, Mercedes, VW, Audi, Porsche, Opel dll…..

Iklan