DSC09933

Munculnya Yamaha R25 memang sudah dinantikan sejak lama. Kemunculannya di Tokyo Motorshow dikemas sedemikian rupa, sehingga lumayan WOW… Maklum, selain masih prototipe yang dibuat seidentik banget dengan M1, Yamaha juga menjual Valentino Rossi, mantan Alien yang tetap punya pesona Numero Uno di MotoGP.

Membandingkan BMW R25 dan Yamaha R 25 memang nggak banget, tetapi perlu untuk memperluas wawasan bikers tanah air, bahwa yang namanya R25 itu sebenarnya bukan identik dengan Yamaha, tetapi BMW. Kalau kita sebut R25, ya R25 saja, tak perlu sebut BMW R25.

Namun, kedepannya nama R25 bisa dipastikan direbut Yamaha R25, maklum, motor baru massal yang jumlahnya bisa dipastikan dengan mudah melewati populasi BMW R25. Ditambah lagi generasi muda yang rata-rata pasti lebih mengikuti perkembangan motor baru. Dengan latar belakang ini, Blog Sesat bermaksud mempopulerkan BMW R25 supaya tak begitu saja kehilangan nama. Kalau Bro menyimak blog ini, Yamaha sudah pernah “merampas” nama R7 dari BMW. Yup, kalau sebut R7, bisa dipastikan 99% lebih ingatnya Yamaha R7. Bisa dimaklumi, sebab BMW R7 memang tak populer, sebab memang baru sebatas prototipe.

DSC09932

Baiklah, apa masih mau membandingkan BMW R25 VS Yamaha R25?

Ini saja yang sudah pasti:

Kapasitas mesin BMW R25 249 cc, sama lah dengan Yamaha R25, hanya saja jumlah silinder Yamaha dua, sedangkan BMW cukup bermonogami hihihi…

Pengabutan BMW R25 jelas masih karburator, sedangkan Yamaha bisa dipastikan sudah injeksi.

Bobot BMW 160 Kg, sedangkan Yamaha belum jelas. Kalau berorientasi pada Ninja 250 dan CBR 250, sepertinya Yamaha R25 akan berbobot 160-170 Kg. Hebat kalau bobotnya bisa di bawah 160 Kg.

Soal tenaga, BMW hanya punya 12-13 PS, sedangkan Yamaha R25 dipastikan(menurut Terawang Gaib Ki Gede Anue-red)  menjanjikan di atas kertas lebih dari 30 PS. Soal tenaga, dijamin Yamaha menang telak.

Soal endurance, beda cerita, BMW R25 sudah bertahan sejak tahun 1955, nah, Yamaha masih harus membuktikan itu. Kabar burung yang ane dengar, BMW R25 tak pernah kena masalah overheat, tantangan juga tuh untuk Yamaha hihihi…

Soal sistem penggerak, BMW R25 punya gardan yang jelas-jelas jauh lebih awet dan bebas perawatan, tetapi minusnya adalah berat dan biaya produksinya yang mahal. Hebatnya gardan adalah, dijamin bebas ejekan “kemrosak”.

Harga… Nah, keduanya tak punya harga pas. BMW R25 harganya beda-beda tergantung kondisi, sedangkan Yamaha belum ada kepastian, baru pertengahan kedua tahun depan katanya… Yang pasti, saat ini BMW R25 sudah lumrah buka harga di 70 jutaan. Bayangkan , tahun 98 masih belasan juta saja, tak lebih mahal dariHonda  Tiger baru saat itu. Jelas untuk investasi, BMW R25 lebih unggul. Beda ceritanya kalau butuh duit pinjaman cepat. R25 sebagai motor baru bisa dipastikan banyak yang inden dan mudah dilepas. Sebagai motor baru pun, BPKB Yamaha R25 bisa jadi jaminan di Pegadaian, sedangkan BMW R25 hanya bisa memble dan garuk-garuk tanah parkiran Pegadaian huhuhu…..

Iklan