DSC00060Kabarnya awal Desember ini Lorenzo akan  menggeber Yamaha R6 di sirkuit Sentul. Nampaknya sehubungan dengan pemasaran moge yang kini dipasarkan Yamaha di Indonesia. Dalam hal promosi, Yamaha memang paling rajin mendatangkan icon MotoGP ke tanah air. Sebuah aktivitas yang menguntungkan banyak pencinta MotoGP di Indonesia.

Nah, ada satu hal yang saya sangat ingin tahu dari aktivitas geber R6 Lorenzo kali ini, sebab jelas beda dengan promo selama ini yang hanya main bebek di Sentul kecil. Kali ini Lorenzo akan menggeber salah satu motor terganteng di jajaran Yamaha, bahkan salah satu yang terganteng di pasaran.

Yang menarik adalah, apakah Yamaha sekedar meminta Lorenzo asal geber dan hura-hura saja, atau bahkan diminta berhati-hati, atau Yamaha akan meminta Lorenzo menunjukkan skill aslinya dan potensi terbaik R6?

Yang saya harapkan adalah hal yang kedua, dimana Lorenzo sungguh-sungguh menggeber R6 di Sentul. Maklum, penasaran sama catatan waktu yang bisa diperoleh seorang pembalap GP Alien di Sentul. Kalau pembalap supersport tanah air benar-benar sudah ngos-ngosan geber motor supersport yang sudah di tune up dan di setting untuk dapat catatan waktu 1 Menit 32 detik ke bawah, nah Lorenzo dan R6 bisa dapat berapa ya?

Ane rasa, kalau doi serius, dengan R6 standar bukan tak mungkin dapat 1 menit 30 detik. Sulit deh lebih cepat dari 1 menit 30 detik jika hanya pakai motor supersport.

Sebagai pembanding, ketika Sentul di tahun 1994-1997 menyelenggarakan WSBK yang masih 750 cc, RC45 yang bertenaga 180 PS saat itu bermain di 1:27 dan punya rekord di 1:26.

R6 saat ini powernya on the wheel masih di bawah 120 PS, jadi jauh Bro… meskipun di soal bobot dan suspensi sudah mirip. Kondisi aspal Sentul yang katanya sudah diperbaiki tapi masih bumpy tentu juga menentukan.

Btw, sebagai info, roda dua terkencang di Sentul masih dipegang Honda dengan NSR 500 Rnya yang tahun 1997 digeber sang maestro, Mick Doohan. Doohan cetak rekord dengan catatan waktu 1:25:474.

Ya… pastinya Lorenzo akan lumayan kencang lah bawa R6, jangan sampai di atas 1:47, nanti diledekin FBH, masa kalah ama CBR 250 R hihihi.

Iklan