Motor zaman dulu rata-rata dibuat dengan sebisa mungkin mementingkan kualitas. Ya, belum zamannya orang memikirkan jual produk yang murah agar cepat ganti baru. Jumlah bengkel yang sedikit dan pemesanan parts yang belum semudah sekarang yang sudah canggih teknologi informasinya, membuat produsen memikirkan, bagaimana produknya bisa seawet dan sebandel mungkin.

Salah satu cirinya adalah tutup rantai motor zaman dulu yang menyeluruh. Rantai lebih terlindung dari air dan debu, otomatis pemakaian rantai lebih awet, meskipun minusnya adalah untuk melakukan perawatan lebih kompleks dan motor lebih berat. Di sisi produsen, tutup rantai yang terbuat dari plat tentu menambah biaya produksi yang lumayan. Bobot motorpun bertambah signifikan.

Contoh lainnya yang lumayan saya sukai adalah suspensi depan yang terlindung selonsong logam. Benar-benar ampuh menjaga daya tahan garpu depan, karena sil dan batang sok benar-benar terlindungi. Selain itu, motor terlihat jadi lebih gagah dan keren. Lihat saja nih, seperti USD ya?

Iklan