a57e0db0+Ninja+250R

Judul bukan mimpi bukan hoax dan bukan Ninja 250 over kredit, ini asli hasil ane semalam nguping obrolan orang-orang nongkrong di suatu warung, sebut saja namanya warung Mawar.

Saya tidak ikutan nongkrong, tapi sedang mencuci si Tiger Hitam yang habis menembus hujan, tetapi karena sudah lumayan larut malam, angin malam cukup jelas menyampaikan isi obrolan orang-orang yang jaraknya sekitar 20 meteran itu.

Jadi awalnya cerita-cerita mereka bertema “beli motor”. Ditawarin motor ini harga segini, motor itu harga segitu dan seterusnya sampai ditawari motor super murah tapi bodong alias tak bersurat. Kawan-kawan nongkrongnya pun menasehati, jangan coba-coba ambil motor bodong, entar repot sendiri.

Doi pun menceritakan, bahwa dirinya sendiri juga ditawari Ninja 250 bodong seharga 5 juta.

Wooooow… murah banget untuk ukuran motor yang secondnya 40 jutaan. Yup, untuk yang gelap mata dan tak pikir panjang, 5 juta pasti dijabanin.

Untungnya orang ini menasehati temannya: “Ntar kalo lu ketangkep razia, bukan motornya aja yang dikandangin, orangnya juga masuk penjara karena dituduh sebagai penadah!”

Dalam hati sambil mengusap-usap dan memandikan motor  saya yang sudah belasan tahun menemani,  saya menyetujui ucapan orang itu. Tidak heran juga kalau Ninja 250 bodong semakin marak, di berbagai media pun dikatakan demikian. Yup, risiko maling motor apapun sama besarnya, jadi logikanya maling akan ambil motor yang semahal mungkin dan yang untuk  menjualnya semudah mungkin, Nah, Ninja 250 memenuhi kedua kriteria itu.

Di berbagai media juga diberitakan, Ninja 250 jadi incaran maling, dan ngerinya lagi: incaran perampok dan pembegal!

Selain alasan yang disebutkan di atas, ada hal lain yang membuat pembegalan atau pencurian Ninja 250 semakin marak: karakter sebagian pemilik Ninja 250 yang tak peduli pada pemasangan plat nomor yang benar!

Belum lagi kabar-kabar yang mengatakan, polisi membiarkan Ninja 250 lewat razia begitu saja meski pakai knalpot racing dan plat nomornya, terutama di belakang entah di mana.

Untuk menekan ini ya sebaiknya polisi lebih tegas dan memberhentikan juga Ninja 250 kalau ada razia dan tak lagi menerima suap dari yang tak bisa menunjukkan STNK. Tanpa STNK, motor dan pengendara harus ditahan sampai terbukti, itu bukan motor curian.

Komunitas Ninja 250 sendiri harus sedikit lebih rendah hati dalam memperhatikan aturan lalu lintas ini, stop saat razia dan memasang plat nomor belakang. Ya, demi menghapuskan image Ninja 250 bebas razia yang ujung-ujungnya demi ketenangan pemilik Ninja 250 sendiri. Kalau perlu kerjasama dengan kepolisian dan sepakat: Ninja 250 juga harus diperiksa kalau ada razia.

Iklan