120_Fahrbericht Moto Morini Rebello 1200.jpg.2689718Jika bikers Jakarta yang termasuk pencinta motor ditanyakan, sebut merk motor Italia sebanyak-banyaknya, paling yang keluar: “Ducati, Aprilia, Vespa dan…ee..ee…Motoguzzi…ee..Benelli..” selesai… padahal masih ada Gilera, Cagiva, Husqvarna dan lainnya. Satu yang pasti tidak tersebut adalah Moto Morini. Padahal pabrikan ini sudah ada sejak 1937!

Namun, Moto Morini sempat bangkrut 2011 lalu, untung bisa diselamatkan dan kembali beroperasi April 2012 lalu. Soal produk memang tak ada yang legendaris, terutama buat bikers awam. Mungkin ini juga sebabnya, Moto Morini sulit jualan di luar Italia. Padahal untuk ukuran motor Italia, merk ini katanya sih tidak rewel.

Mari kita kenalan dengan produk yang diharapkan bisa melanjutkan nama Moto Morini di dunia permotoran, yakni Moto Morini Rebello 1200 Giubileo. Motor ini hasil rancangan Marco Ciuti, ex designer skuter Kymco. Kalau kita lihat, rancangannya memang tak terlalu istimewa, terkesan keberatan badan dan aneh malah… Hmm… sayang sekali Bung..

020_Fahrbericht Moto Morini Rebello 1200.jpg.2689618

Kalau orang awam pasti akan menilai motor ini adalah Ducati Monster modif Diavel hehehe… padahal ini asli buatan Moto Morini, basisnya diambil dari Moto Morini Corsaro yang juga berkapasitas 1200 cc. Mesin twin ini tentu asik punya, sejak 2500 rpm tenaganya sudah bisa buat dag dig dug, tenaga mantebs bisa diperoleh hingga 9300 rpm, ya lumayan lah motor V-Twin 87 derajat ini.

Soal handling, motor asal Bologna ini juga menawarkan feel yang manteb dan beda dari Ducati maupun Aprilia twin sekelasnya. Sayang kalah nama… Btw, ada satu inovasi unik yang tak bisa dijumpai di motor-motor lainnya, setelah Bro lihat foto ke-2, sekarang lihat foto ini:

030_Fahrbericht Moto Morini Rebello 1200.jpg.2689628

Bagaimana? Sudah lihat bedanya? Yup… Jadi bisa buat boncengan! Biasa???? Ya memang bentuknya biasa. Di Indonesia dan di mana-mana juga bukan barang baru mengubah dari single seater aka monoposto menjadi biposto alias siap bawa boncenger. Bedanya, yang ini elektrik Bro, jadi dengan pencet tombol saja, tutup buritannya bergeser otomatis hingga 25 cm. Ya, lumayan lah, ada nilai beda yang bisa ditawarkan.. Meskipun kita tak sampai bilang WOW gitu… Meskipun begitu, motor ini hanya diproduksi terbatas, 100 unit saja, ya barangkali suatu hari nanti pasti kan bercahaya, pintu akan terbuka, kita langkah bersama…di situ kita lihat bersinarlah hakikat, debu jadi permata, hina jadi mulia………….(kena virus lagu Malaysia-red)