hans_a_muth_1024.jpg.2321936

Sepertinya Bro lupa, apa yang saya maksud dengan nah ini dia orangnya. Kalau saya bilang R 90 S ingat dong… Yup, ini dia orang yang merancang R 90 S, sebuah sepeda motor yang bisa dibilang memulai kesuksesan BMW jualan di era modern. Di tahun 1973 itu, R 90 S memiliki desain cantik dan top spees 200 Km/jam, salah satu yang terbaik di zamannya. Dengan power 67 PS, R 90 S menjadi tonggak baru, sebab BMW-BMW sebelumnya hanya dibekali power di bawah 50 PS.

Pak Tua ini bernama Hans Albrecht Muth, kelahiran 1935 dan masih aktif rancang merancang. Karyanya yang legendaris adalah BMW R 90 S dan R 100 RS. Doilah yang mengatakan, BMW R-Ninety hanya seperti wanita tua yang dipakaikan bikini hehehe…

Tersinggung amat ya… maklum, BMW tak pakai tanya-tanya ke desainernya, bagaimana R 90 S seharusnya kalau filosofinya dilahirkan sekarang. Menurut Hans, BMW tak melihat sejarah, malah main order ke Roland Sands. Hans pun berkomentar, R-Ninety adalah sebuah motor yang BIASA… dengan desain yang STANDARD! Roland Sands pun dianggapnya tak paham…

IMG-20130211-00690Di awal kemunculan R-Ninety, kita lumayan dibuat terpukau. Maklum, menentang arus dan kesannya custom kelas wahid banget! Namun, menurut Hans A. Muth, tak ada yang baru di sini!

Hmmm… Kalau mau jujur, Muth ada benarnya juga ya… Tak ada yang baru… memang motornya special dengan spek dan acessoris yang special, tetapi secara filosofis dan rancangan, tak ada yang benar-benar baru di sini.

Saya pribadi pada awalnya tak setuju… Bro sendiri bagaimana? Masih belum setuju kan? Namun, setelah baca profil Hans A. Muth dan melihat-lihat lagi desain R-Ninety, pria yang memulai kariernya tahun 1965 sebagai desainer Ford di Jerman ini ada benarnya. Doi pun pernah bekerja di Ford USA dan mengembangkan desain-desain mobil Ford. Tahun 1971 doi mudik ke Jerman dan kerja di BMW sebagai desainer interior mobil. Namun, doi tak suka dengan seri 5 motor-motor BMW saat itu dan doi bicara pada pimpinan BMW bagian pengembangan motor (padahal doi baru kerja di BMW), Hans- Guenther von der Marwitz: “Siapa yang tanggung jawab mendesain motor?” Marwitz pun menjawab: “tak ada spesialisnya sih…, Ente suka motor??? Ente kerjain deh!”

Saat itulah Hans A. Muth mulai merancang motor untuk BMW. Doi cuma dapat orderan: tanki harus muat 24 liter, harus sporty, bisa bawa boncenger, harus keluar dari image motor konservatif! Dan… mesin akan dikasih yang 67 PS (sebelum-sebelumnya mentok sebelum 50 PS).

Nah, lahir deh tuh sekitar 1 mingguan corat-coret sosok R 90 S. Bukan sesuatu yang benar-benar baru, hal itu diakui Muth, sebelumnya sudah ada motor Jepang / Italia yang bertudung dan tanki celong untuk kaki rider juga bukan untuk pertama kalinya, tetapi gabungan-gabungan keunggulan itu membuat R 90 S sukses!!!!

Oya… Muth juga keluar dari BMW karena tak suka pada kebijaksanaan BMW yang terpengaruh trend Chopper di akhir tahun 70an. Saat itu BMW bekerjasama dengan studio desain dari Swiss. Muth yang enek pada desain asal Swiss itu memilih hengkang… Memang dasarnya desainer bagus, 4 tahun kemudian BMW kembali menghubunginya lagi untuk memberikan order desain.

Muth sendiri sebenarnya pernah bekerja 10 tahun sejak 1980 ke Jepang sebagai desainer. Ia merancang mobil, jam, stick golf dan tentunya sepeda motor. Salah satu desainnya yang begitu digemari tentunya desain Suzuki Katana, hasil kerjasamanya dengan Hans Georg Kasten dari Target Design. Desain Katana, terutama tankinya tentu sampeyan kenali kan….

Nah, ketika ditanyai, harusnya menurut Muth R- Ninety yang mengikuti perkembangan zaman itu bagaimana, beginilah hasil karyanya…

Bagaimana Bro, setuju sama Muth? Tak salah juga ya kalau dia bilang R-Ninety tak se-WOW itu…

 

Interview_Muth_BMW_R_90_S_re-date.jpg.2753774

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan