Picture (7)

Penggemar BMW klassik tentu tak asing dengan merk Bing, ya merk karburator BMW … BMW-BMW klassik masih lumayan banyak juga yang masih menggunakan karburator bawaan motornya, tapi tentunya sudah tidak begitu fit ataupun sudah direkondisi.

Sempat ngobrol-ngobrol tentang karburator Bing, kabarnya memang sudah tak diproduksi lagi. Namun, banyaknya penggemar BMW Oldtimer yang membuat permintaan pasar lumayan ada, ada yang memproduksi parts atau karburator yang sama plek dengan Bing. Yang namanya bayar ilmu dan kepresisian, produk Blitz juga tidak murah. Kalau kita beli karbu kit Tiger KW cukup keluar 20 ribu (dapat karet-karet, jarum pelampung, jarum skep, main jet dan pilot jet), maka untuk memperoleh kit yang sama dengan merk Blitz Ente siap-siap keluarin puluhan kali lipatnya!

Wong keran bensin komplet aja bisa kena 50 Euro… Nah, bagi yang ingin tampilan sama plek dengan Bing dan karakter yang sama, bahkan lebih baik, silahkan tebus tuh karburator Blitz. Harga di Jermannya saja sudah 220 Euro lebih. Belum plus ongkos kirim dan pajak .. dulu sih 32,5 %.. Dijamin lebih mahal dari karbu-karbu balap yang banyak beredar di tanah air tuh!

Picture (8)

Penasaran juga sebenarnya, apakah Bing masih eksis. Setelah digoogle, wow, masih eksis. Perusahaan yang berbasis di kota Nuernberg di negara bagian Bayern ini masih memproduksi parts otomotif, bahkan ke alat perkebunan dan industri. Dengan 140 pekerja di Nuernberg dan masih ada 50 di Hungaria dan kawasan pabrik 23000 meter persegi, bisa dibilang Bing jelas masih eksis.

Saya ngubek-ngubek websitenya, ternyata masih buat karburator juga sebagai salah satu komoditasnya. Sayang hanya membuat dua macam saja secara garis besar, yakni untuk BMW bermesin boxer dan karburator untuk pesawat terbang kelas capung hihihi…

Iklan