DSC09790Tak mau kalah mentereng dengan R25 yang bakal banyak seliweran di jalan dan rasanya bakal banyak banget, R25 properti Blog Sesat pun perlu dandan dikit cyyiiin… Caranya dengan nowel nowel dikit tukang chrome lah… dijamin bisa kinclong dalam hitungan hari saja.

Chrome untuk motor tua memang di satu sisi membuat dia tak original lagi, tapi di sisi lain dapat memperpanjang umur parts originl itu, ya daripada nantinya habis dimakan karat, mendingan dichrome toh. Namun, chrome tak saya sarankan untuk motor yang memang aslinya belum pernah kena sentuh modif atau chrome. Kalau memang mau full ori sampai chrome dan catnya, pertahankan begitu! Meskipun tak menarik di mata awam, motor yang kelihatannya busuk itu malah harganya jauh lebih edan.

Nah, berhubung R25 Blog Sesat sudah pernah dicat ulang, tak salah lah mengchrome bagian-bagian yang mulai kusam dan berkarat tipis. Soal mau ngechrome di mana, silahkan tanya-tanya saja. Sesuaikan budget dan tujuan saja. Ada uang banyak dan mau ikut kontes, silahkan cari tukang chrome yang jago, tentu biaya lebih tinggi dan biasanya waktu pengerjaan agak lama.

Picture (3) (1)Foto di samping hanya sebagian saja dari parts R25 yang harus dichrome (tak semuanya milik R25, ada punya motor lain-red). Untuk mengchrome beberapa parts itu, saya harus rela kehilangan 2 lembar pahlawan Proklamator heheh…

Termasuk murah sih, dan hasilnya lumayan. Berikut ini ada tips kalau mau ngechrome:

1. Foto parts yang mau Ente chrome, penting untuk dokumentasi.

2. Tunjukkan satu-persatu parts itu ke ahli chromenya, kalau mau detail, biasanya bisa, tentu dengan harga lebih. Misalnya, kalau mau tutup tanki bensin dilapis chrome sisi dalam dan luarnya, ya harus diminta, sebab kalau tidak, biasanya hanya sisi luarnya saja yang kena chrome.

3. Kalau mau hasilnya mulus dan bagus, kita harus bersihkan sendiri parts yang mau dichrome. Kadang ukang chrome tak bersih atau tak mau menggosok berlebihan. Bukan malas atau tak mau capek, kadang mereka takut risiko merusak parts. Jadi, kalau mau joss, bersihkan sendiri Bro…

4. Saat mengambil, cek dan pastikan semua lengkap. Perhaitikan juga hasilnya. Mulus atau ada bintik-bintik? Kasih kritik dengan cara yang baik bisa meningkatkan kinerja doi di kemudian hari. Minimal kalau Ente balik lagi, dia akan kasih perhatian lebih sama parts yang Ente berikan.

5. Jangan lupa, sebelum chrome, minta harganya… bisa kok kalau di tempat saya ngechrome…

6. Banyak-banyaklah berdoa…

7. Cuci tangan sebelum makan…

8. Jangan sering-sering tersesat kemari…

 

Iklan