Kerjasama TVS dan BMW sudah kelihatan jelas ujungnya. BMW yang sejak awal sudah mengatakan, tak mau membuat motor kapasitas kecil tetap bersikeras dengan tekadnya. Namun, pasar Asia yang menggoda iman membuat BMW goyah. Nah, dicarilah cara lain untuk mendapatkan keuntungan dari situ tanpa harus melanggar tekad sendiri.

Kerjasama dengan TVS tentu jalan yang sangat baik. Untuk Indonesia, image TVS sudah lumayan, hanya saja marketingnya belum optimal. Tentu tak ada guna kalau marketing optimal, tetapi produknya cupu! PRoduk-produk TVS yang hadir selama ini rasa-rasanya tak banyak yang mengeluhkan mutunya, tetapi desainya itu lho yang gimanaaaaaaaaa gitu… bahkan TVS Max 125 cc yang ditawarkan di PRJ 2014 gini kayanya gimanaaaaaaaaa gitu.. sayang sekali bung!

Namun, kerjasama dengan BMW dan TVS Drakennya patut diwaspadai. Desainnya lumayan kental campur tangan TVS dan BMW. Untung unsur BMWnya lebih banyak. Nilai yang bisa dibilang plus… tetapi ingat, BMW kadang terlalu nyeleneh dan tidak dikenal sebagai produsen motor cantik!

Desain S1000RR yang pernah kita bahas, ternyata sangat filosofis… entah deh desain Draken yang sekarang. Motor yang berkapasitas 250 cc dan bertenaga lebih dari Yamaha R25 ini memang patut dinantikan, terutama harganya berapa! Tampang BMW, performa BMW, kalau harganya BMW juga, ya bubar grak dengan kapasitas hanya 250 cc. LAin cerita kalau tampang BMW, teknologi BMW, dibuat TVS dan harga juga TVS! Andai Draken diproduksi di tanah air dan harga tak menyentuh 40 juta, wah, bisa lumayan gonjang ganjing kelas 250 cc domestik nih…

Mungkin yang perlu diperhatikan lebih adalah desain! Sampai saat ini, belum ada satupun desain TVS yang disambut positiv mayoritas bikers tanah air. Draken lumayan dianggap positif, tetapi itu karena belum mengancam gacoan-gacoan 250 cc pabrikan Jepang lainnya. Andai benar-benar jadi turun ke pasar domestik Indonesia, tentu harus lebih kalem dan hati-hati. Sebut saja head lamp yang cuma sebelah kiri! Nanti dibilang picek/ cacat! Di kiri juga sebenarnya tak cocok, sebab kita lalu lintas setir kanan, jadi lampu ya harusnya kalau mau di satu sisi saja ya di kanan. Ane yakin, TVS dan BMW pasti juga sudah memikirkan ini.

Bonus: Foto Draken:

TVS-Draken-250cc-motorcycle-conc-4

Picture-2 (1)