Dulu TVS sudah sempat mempertontonkan TVS Draken, tetapi entah bagaimana kelanjutannya, motor ganteng dan sangar dengan desain yang BMW banget itu tak muncul lagi kehadirannya. Kini tiba-tiba muncul lagi motor hasil kerjasama Jerman-India yang terpantau sedang dijajal. Ya, cara bocor ke media yang biasanya pura-pura bocor ini sudah biasa lah, supaya produk lebih dinantikan dan calon pembeli menahan keinginannya untuk membeli produk lain.

020_Erlkoenig_BMW-Einsteiger-Modell-2015_1024.png.4089950

Motornya sendiri belum diketahui kapasitas pastinya, namun diperkirakan akan mirip dengan KTM RC 390, ya sekitar 400 cc lah. Tenaga juga diklaim tak bisa gila-gilaan karena ada aturan SIM di negara-negara EU. KTM RC 390 misalnya, tenaganya akhirnya dikorting jadi 41 PS saja. Nah, motor BMW-TVS ini diperkirakan juga akan segitu saja tenaganya. Jadi, karena aturan SIM, produsen bisa memilih, tenaga lebih besar, tetapi bobotnya ditambah, atau tenaga dikecilkan, tetapi bobot bisa lebih ringan, ya jadi ada ketentuan power to weight ratio. Tentu saja yang paling dipilih adalah membatasi tenaga dengan bobot yang lebih ringan. Maklum, lebih untung, sebab mesin akan lebih awet, tidak boros bensin dan handling pun lebih baik.

010_Neuheiten_BMW-Einsteigerbike-Erlkoenig_1024.png.3945972

Segi desain menurut Blog Sesat biasa aja… Tampaknya memang trend yang disukai untuk anak muda ya yang seperti itu, akan mirip-mirip dengan KTM Duke. Mesin terlihat seperti motor-motor offroad 250 cc Yamaha atau Honda NSF 250 yang intakenya menghadap ke depan. Cara ini mampu memperbaiki suply udara dan tentu lebih meringankan bobot kendaraan, sebab knalpot jadi tak terlalu panjang lehernya.

Tampaknya dengan kemunculan motor ini, BMW memang sedang menjulat lidah sendiri, sebab tadinya mereka tak mau memproduksi motor berkapasitas kecil. Namun, kesuksesan KTM-Bajaj membuat BMW berpikir ulang. Terlebih lagi bos BMW yang melontarkan pernyataan: “BMW tidak akan produksi motor kapasitas kecil! Tidak akan, selama saya ada di BMW!”, kini telah pindah ke VW hihihi… Jadi, tak tertutup kemungkinan juga, kalau BMW produksi yang 250 cc dan 125 cc. Namun, kalau tak untuk jualan di Eropa, rasanya 125 cc tak akan dibuat, sebab berat untuk laku di pasar Asia Tenggara.

http://www.motorradonline.de/news/neues-einsteigerbike-von-bmw/636210