20150407_075940Warga Jakarta yang hendak berwisata ke pantai, berwisata bahari macam snorkling, menyelam atau memancing biasanya sih mengincar tempat yang jauh dari Jakarta. Kalau ingat pantai ingatnya Bali atau Lombok. Kalau ingat menyelam, ingatnya Bunaken, padahal Indonesia kaya sekali soal potensi kelauatan dan pariwisata lautnya.

Nah, salah satu yang sering terlupakan justru yang ada di dekat Jakarta sendiri, yakni Kepulauan Seribu. Banyak lah yang bisa digali dari banyaknya pulau-pulau di Utara Jakarta ini. Enaknya, menjangkau objek-objek wisata ini tak lama dan tak perlu keluar banyak uang. Ya, meskipun sebenarnya pengelolaan dan promosinya masih banyak perlu perbaikan.

20150407_075947

Dua pekan lalu saya tersesat ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu, yakni pulau Pramuka. Di sana sebenarnya lebih seperti pulaunya pemerintahan di Kepulauan Seribu. Namun, lumayan lah dikunjungi. Dengan speed boat dari pantai Marina bisa dicapai dengan lama perjalanan 1 jam lebih sedikit, ya tergantung cuaca juga… Biayanya kalau tak salah 150 ribu rupiah one way. Waktu masuk Ancol, kita juga harus bayar 30 ribu per orang. Kalau mau lebih murah, bisa naik perahu kayu biasa, itu biasanya dari Muara Angke. Biayanya jauh lebih murah, bisa separuhnya. Namun, lama perjalanan ya sekitar 2 kali lebih lama, bahkan lebih. Oh ya, lama perjalanan sangat tergantung faktor lain juga, jadi tak hanya cuaca, tetapi juga keadaan air… Yup, teluk Jakarta sangat mengkhawatirkan sampahnya. Bahkan speed boat yang saya tumpangi harus berhenti sampai 3 kali karena baling-balingnya terselisip sampah. Silahkan dilihat di foto berikut ini:

20150407_082549

Iklan