20150531_123119Si Smash yang sudah tak segesit dan seirit dulu lagi boleh jadi menjadi motor yang enak untuk mengetest berbagai merk ban, maklum, ukuran bannya yang kecil membuat harga ban tidak terlalu mahal. Ban yang pernah dicoba berbagai merk, ada yang memuaskan, ada yang tidak. Nah, kali ini yang saya coba adalah FDR.

Sudah setahun kira-kira sejak ban FDR ukuran 17/70 ini mengawal velg besi bawaan Smash. Awalnya sih tak saya lirik, maklum, FDR termasuk ban yang harganya sedikit di atas rata-rata merk semacam IRC, Federal, Swallow dan Mizzle (ya ini kalau di ukuran lain sih, misalnya di ukuran 120 ring 17, nah lumayan tuh beda harganya), tetapi kali ini saya beli. Faktor pendorongnya adalah harganya yang kali ini selevel dengan kompetitornya, jadi tak ada alasan masalah harga. Semangat coba-coba pun menggebu. Hasilnya, kali ini saya sangat puas. Kembangannya lumayan bagus. Kompon lumayan lunak dan tidak lekas getas. Ban mencengkram baik ke aspal saat kering dan hujan, hebatnya, kompon lumayan awet. Berikut ini opini pribadi tentang ban di motor bebek dari berbagai merk:

IRC: awet, bawaan motor, daya cengkram lumayan, harga terjangkau, ya lumayan lengkap lah. Minusnya: pasaran, kembangan kurang sporty dan daya cengkram di lintasan basah biasa saja…

Federal: Karakter mirip-mirip IRC, harga selevel IRC, tetapi daya cengkram sedikit lebih baik, kembangan lebih sporty, tetapi ban lebih cepat habis.

Swallow: Harga selevel IRC, daya cengkram selevel IRC, kembangan lebih tidak pasaran, tetapi minusnya terasa berat meskipun motor tidak kurang angin. Mungkin karena dinding tepi ban yang kurang kaku. Namun, ban termasuk tebal kembangannya, jadi lumayan panjang umur.

FDR: Sampai saat ini, paling oke di semua lini, hanya biasanya harganya lebih mahal (kebetulan aja yang ukuran ini di bengkel yang jual harganya selevel dengan merk-merk yang saya sebutkan)

Ini tentu subjektif, jadi tak usah dipercaya ya hihihi..rasakan sendiri saja…