010_Honda-RC213V-S_MotoGP-Strassenmodell-2015_1024.png.4229120

Sampeyan pasti sudah kenal dan tahu banyak tentang motor ini. HRC ingin membuat cerita dan menuliskan sejarah dengan menjual massal motor yang 2 kali mengantarkan Marquez juara dunia. Nah, yang menarik, motor ini membuat Ducati terlihat murah…Atau sebaliknya, bisa digunakan oleh FBY untuk menjuluki Honda overpriced! Ya, bandingkan saja harga Ducati Desmosedici RR yang di Eropa dijual seharga 65000 Euro Vs. RC213V-S seharga 188000 Euro! Yoi, nyaris 3 kali lipat lebih mahal Bro… Overpriced???? Kalau hanya bandingkan output power 188 PS Vs. 215 PS ya mahal banget lah…Apalagi Superbike modern macam BMW S1000RR powernya juga kalah tipis dan sudah bisa diperoleh di bawah 18000 Euro! Namun, disinilah kita bisa memahami, betapa muahalnya development di dalam dunia balap.. turun beberapa gramm dan menaikkan sekian PS plus menurunkan konsumsi bahan bakar bukan hal murah! Apalagi sekarang elektronikanya lebih canggih, dan mahal tentunya..

070_Honda-RC213V-S_MotoGP-Strassenmodell-2015_1024.png.4229394

Nah, seberapa mirip sih motor yang dijual di USA, Eropa, Jepang dan Australia ini dengan tunggangan asli Marquez? Silahkan dibandingkan nih:

  • Klep konvensional, bukan Pneumatic
  • Gearbox konvensional, bukan SSG
  • Lampu depan, lampu belakang, lampu sein dan pegangan plat nomor
  • Spion
  • Speedometer
  • Knalpot dilengkapi katalisator
  • Klakson
  • Honda Smart-Key-System
  • Standar samping dan elektro starter
  • sudut putar kemudi dari 15 derajat diperbesar jadi 26 derajat
  • Ban Bridgestone RS10
  • Cakram stainless steel Yutaka Giken Co., Ltd.
  • Sepatu rem Brembo

080_Honda-RC213V-S_MotoGP-Strassenmodell-2015_1024.png.4229470

Masih kurang detail bedanya? Nih lebih detail lagi..pakai bahasa Jerman ya, tapi sampeyan bisa cari versi Inggrisnya sih, atau tebak juga bisa kan dari satuan dan angkanya.

Modell Honda RC213V Honda RC213V-S Honda RC213V-S (mit Kit)
Länge x Breite x Höhe (mm) 2052 x 645 x 1110 mm 2100 x 790 x 1120 mm 2100 x 770 x 1120 mm
Radstand 1435 mm 1465 mm 1465 mm
Sitzhöhe 830 mm 830 mm
Gewicht über 158 kg (nach Rennen) 170 kg (trocken) 160 kg (trocken)
Motor Flüssigkeitsgekühlter DOHC-Viertakt-V4-Motor mit 4 Ventilen Flüssigkeitsgekühlter DOHC-Viertakt-V4-Motor mit 4 Ventilen Flüssigkeitsgekühlter DOHC-Viertakt-V4-Motor mit 4 Ventilen
Hubraum 999 cm³ 999 cm³ 999 cm³
Bohrung x Hub (mm) 81.0 x 48.5 mm 81.0 x 48.5 mm
Max. Leistung über 175 kW (über 238 PS) 117 KW (159 PS) bei 11.000/min 158 KW (215 PS) bei 13.000/min
Max. Drehmoment 102 Nm bei 10.500/min Über 118 Nm bei 10.500/min
Tankinhalt 20 Liter 16, 3 Liter 16, 3 Liter
Getriebe 6-Gang-Dauereingriff 6-Gang-Dauereingriff
Reifen 120/70 ZR 17 M/C vorn, 190/55 ZR 17 M/C hinten 120/70 ZR 17 M/C vorn, 190/55 ZR 17 M/C hinten
Bremsen Hydraulische Doppelscheibenbremse vorn, hydraulische Einscheibenbremse hinten Hydraulische Doppelscheibenbremse vorn, hydraulische Einscheibenbremse hinten Hydraulische Doppelscheibenbremse vorn, hydraulische Einscheibenbremse hinten

Nah, kelihatan kan bedanya… pasti beda ukuran lah, kan yang versi balap tanpa kelengkapan untuk jalan umum.

Kapasitas tanki juga jelas beda, yang versi jalanan hanya 16,3 liter, sedangkan versi asli 20 liter.

Kabarnya, velg yang digunakan dibedakan diameternya, jika versi asli 16,5, versi jalanan 17 inchi. Ini tentu sangat memudahkan dalam pemilihan ban. Konsumen juga bakal banyak hemat duit di sini, sebab kalo bokek banget bisa beli ban spek murah.

Yang menarik juga adalah ukuran bore dan stroke versi asli yang tak diberi keterangan haha..disinyalir rahasia dapur HRC..Katanya sih material piston dan krukasnya juga beda..ya iyalah…

Soal bobot pasti juga beda, yang asli setelah balap bobot kosongnya minimal 158 Kg, sedangkan versi jalan raya 170 Kg. Kalau sudah diperlengkapi Kit racing paketan senilai 12000 Euro, bobot susut jadi 160 Kg dan power melonjak dari 159 PS @ 11000 rpm menjadi 215 PS @ 13000 rpm. Ya masih jauh di bawah aslinya yang nyaris 240 PS lah…

060_Honda-RC213V-S_MotoGP-Strassenmodell-2015_1024.png.4229356

Bagaimana Bro? Ada yang minat? Bisa lah didatangkan ke Indonesia, you olang punya duit, you beli sekalian HRCnya haha… Berapa harganya kira-kira di Indonesia ya?? Menurut Terawang Gaib Ki Gede Anue, motor ini kalau sampai masuk ke Indonesia dan diberi kelengkapan surat legal, dipastikan tembus 5 Milliard rupiah! Bahkan bisa tembus 6 Milliard rupiah!

025_Honda-RC213V-S_MotoGP-Strassenmodell-2015_1024.png.4229318

Buat orang kaya 7 turunan mah bukan masalah.. Apalagi motor-motor bersejarah dan limited macam ini tidak semata menghabiskan uang, tetapi bisa dipastikan menjadi barang investasi..ya meskipun ga bakal melejit-melejit amat harganya… Ini sudah terbukti dari generasi pendahulunya macam Honda NR 750 dan RC 30 yang kalau tersimpan rapih harganya mengikuti fluktuasi inflasi…

Sumber:

http://www.motorradonline.de/news/honda-rc213v-s-ab-13-juli-2015-bestellbar-technische-daten-honda-rc213v-s/665116?seite=2

Stoner dan RCV213-S