030_T T_Impression_Ducati_Scrambler.jpg.4080838

Nah, Ducati Scrambler memang buat bikers dianggap barang baru. Namun, salah satu motor terbaru dan termurah di line up Ducati ini hadir sebagai manifestasi nostalgia juga… Kakeknya (maklum beda jarak 50 tahun-red) sudah lahir jauh lebih lama di Amerika Serikat sana. Jadi, di tahun 1962, Ducati Scrambler sudah hadir dalam 3 varian kapasitas, yakni 250 cc, kemudian disusul 350 cc dan 450 cc. Yang kita punya di foto-foto ini adalah versi yang 450cc. Jenis Scrambler memang populernya di USA. Ducati Scrambler juga dijual dan diciptakan karena pemintaan importir besar Ducati, Joe Berliner yang melihat pasar USA saat itu yang sangat meminati motor dual purpose. Oh ya, Scrambler bisa dibilang sebagai cikal bakal motor dual purpose saat ini.

040_T T_Impression_Ducati_Scrambler.jpg.4080856

Ducati Scrambler begitu diminati di USA, sehingga di Bologna pun mayoritas motor yang diproduksi adalah Scrambler. Hanya di Jerman, Prancis dan Inggris yang punya importir yang tak semangat memasarkan tipe enduro ini…ya selera pasar dan keadaan jalanannya beda kali ya.. Ketiga negara Eropa ini lebih antusias menjual Ducati Mark3 dan Desmo yang berkarakter motorsport jalan raya..Akhirnya Scrambler di Ducati dihentikan produksinya di tahun 1974 karena permintaan motor dual purpose yang terus menurun. Baru tahun 2014 deh nongol lagi…

110_T T_Impression_Ducati_Scrambler.jpg.4080982

Apa sih bedanya Scrambler Ducati yang klassik dengan yang baru? Buanyaaak lah… Persamaannya adalah, keduanya sama-sama membuat pengendaranya merasa cool abis…

120_T T_Impression_Ducati_Scrambler.jpg.4081000

Kalau saya pribadi sih lebih ingin mencicipi yang klassik…dan terlihat lebih cool yang klassik ya.. Motornya lebih ringan dengan bobot kering 140 Kg. Perpaduan velg jari-jari ring 18 dan 19 juga lebih scrambler banget. Yang klassik juga dijamin lebih lincah, katanya sih layaknya motor 125 cc saja.

160_T T_Impression_Ducati_Scrambler.jpg.4081072

Soal tenaga memang jauh beda. Yang satu hanya berbekal mesin 450 cc single yang tenaganya hanya 27 PS. tapi cukup banget lah buat orang kita yang tak biasa naik moge…apalagi bobot 140 Kg saja. Beda dengan Ducati Scrambler modern yang sampai 190 Kg! Kurang bisa seru-seruan kan kalau bobot motornya lumayan overweight untuk ukuran scrambler?

370_T T_Impression_Ducati_Scrambler.jpg.4080784

Sumber:

http://www.motorradonline.de/news/impressionen-ducati-scrambler/648658