020_Top Test_Yamaha MT 09.jpg.2789418

Yup, bikers luar negeri yang biasa beli moge tanpa harus nabung belasan tahun lagi keranjingan motor yang satu ini. Ya, sebenarnya dari dulu sudah ada motor-motor kapasitas besar yang sering dipakai hepi-hepi, tetapi MT-09 memadukan semuanya. Bobot yang tergolong ringan, handling yang lincah, torsi yang besar, desain yang minimalis, dan yang terpenting, ringan di kantong! Faktor-faktor inilah yang membuat doi menjadi idola baru, menyingkirkan rivalnya macam Ducati Monster, Triumph Speed Triple, BMW F800 dan moge-moge lainnya.

230_Top Test_Yamaha MT 09.jpg.2789628

Salah satu faktor yang menjadi daya jual penting adalah mesin 3 silindernya. Triumph sudah sukses sebenarnya dengan konfigurasi mesin ini. Torsi besar dengan peak power yang tak malu-maluin dibandingkan 4 silinder. Hanya saja, untuk jalan raya, lebih mudah menggali potensi mesin 3 silinder. MV Agusta pun semakin mempopulerkan mesin 3 silinder… Namun, you olang tau harganya kan.. Nah, bikers yang kepincut dengan karakter 3 silinder pun langsung tak ragu-ragu lagi ketika Yamaha menawarkan dengan harga yang murah! Yup, selain motor Jepang dikenal bandel, harganya itu lho yang sulit disaingi pabrikan Eropa.

150_Top Test_Yamaha MT 09.jpg.2789548

Soal power, tuh lihat sendiri! Memang belum seganas mesin 4 silinder supersport Jepang sih, tapi kalau lihat torsi dan grafiknya, dijamin mesin-mesin 4 silinder supersport akan kewalahan meladeni di track jalan raya, apalagi kalau stop n go, white flag dijamin berkibar…

160_Top Test_Yamaha MT 09.jpg.2789558

Tuh, bersaing banget kan soal speed bawah-menengahnya.. Soal top speed ya jelas bukan bidangnya. Sekali lagi, ini bukan motor balap, tapi fun bike! Motor buat seru-seruan…ini dia mainan orang-orang yang ga mau ribet, ini dia juga senjata buat para stunt riders!

Oh ya, motor yang ada sejak 2013 ini juga sudah didokumentasikan 1 unit untuk dipantau parts apa saja yang perlu mengalami penggantian. Ada beberapa motor sebenarnya yang menjadi objek pengamatan redaksi majalah Motorrad di Jerman, salah satunya MT-09 ini.

Di Kilometer 3833, Yamaha Jerman merecall motor ini untuk dicek sistem hidrolik ABSnya. Kemudian di Kilometer 22.954, Yamaha Jerman kembali merecall motor ini untuk diganti kabel lampu depannya. Wah, enak ya, kalau di kita mah kilometer segitu sudah bukan tanggung jawab pabrikan. Oh ya, di Jerman, banyak motor yang dijual dengan garansi 2 atau tiga tahun, dan itu tanpa batasan kilometer! Yup…wajar sih, karena orang sana kan rata-rata jarang pakai motornya untuk aktivitas harian! Motor itu ya untuk hobi!

steuerkettenspanner1024.jpg.4170410

Nah, di kilometer 29759, motor ini minta ganti tensioner rantai ketengnya. Gejalanya, bunyi tik tik tik (bukan hujan di atas genting-red) yang lumayan mengganggu. Kadang ada, kadang tidak, kadang bunyinya terdengar, kadang menghilang begitu saja…ah seperti cinta…(www.baper.de)

sumber:

http://www.motorradonline.de/dauertest/dauertest-news-steuerkettenspanner-der-yamaha-mt-09-getauscht/659810