Salah satu motor yang membuat nafsu saya bergejolak adalah Ducati 748. Ya, sebenarnya ada Ducati 916 dan 996 sih yang lebih tenar karena prestasinya juga, tapi toh adiknya yang satu ini tak kalah gantengnya…kan identik.. Apalagi yang warna kuning, segaaaarr…. Dulu saya sempat hampir tergiur membelinya, untung saja dompet tak sampai hihi.. bodong, ditawarkan 65 jutaan. Namun, warnanya merah dan sudah pudar, kurang terawat. Kalau kondisinya seperti yang di foto-foto ini, tak kuat iman bisa-bisa..

100_ducati_748r_bj2000_jk_1024px.jpg.4244346

Redaksi majalah Motorrad pernah mengetest Ducati 748 R di tahun 2000. Tentu tak seru kalau tak diduelkan dengan rivalnya, motor-motor supersport dari negara matahari terbit, yakni Honda CBR 600 F, Kawasaki ZX-6R, Suzuki GSX-R 600 dan Yamaha YZF-R6. Oh ya, motor-motor ini memang aslinya bertarung sengit di kelas supersport, baik WSS maupun kelas supersport tingkat nasional. Di antara semua peserta, Ducati 748 jelas yang paling cantik, eksotis dan mahal (28.340 DM di Jerman, ya kalau sekarang setara motor supersport seharga 14000 Euroan..wah itu mah di atas harga motor supersport terbaru saat ini kan…kebayang dong mahalnya doi..). Apa yang membuatnya mahal? Banyaaak…komponen-komponen macam piston ringan, setang piston titanium, silinder kop dibuat dengan CNC, komstir yang bisa disetel-setel dan throttle body 54 mm! Racing bingits lah untuk zamannya..
130_ducati_748r_bj2000_jk_1024px.jpg.4244400

Bagaimana hasil duelnya? Ya, ternyata tak beda dengan apa yang terjadi di arena balap. Ducati 748 R tak berkutik Bro.. Dari materi lain yang pernah saya baca, permasalahan utama doi adalah power deliverynya yang terlalu meledak-ledak di rpm tertentu, tetapi power bandnya sempit, ya sudah seperti motor 2 tak ya… Ini kebalikan dengan karakter 916 yang bisa jadi legenda WSBK karena power deliverynya baik, pe,balap bisa lebih dulu berakselerasi saat motor keluar tikungan dan belum benar-benar tegak. Keuntungan ini makin menjadi-jadi ketika akhir race karena sisi ban untuk menikung mulai aus.

Oke, kembali ke duel. Pemenangnya adalah ZX-6R dengan 1:37,2, sedangkan Duacti 748 R ada di posisi terakhir dengan 1.38,0. Wah, kalau balap 20 lap, tertinggal belasan detik tuh…

Kenapa bisa tertinggal sejauh itu? Padahal motor ini punya kemampuan menikung aka lean angle yang dikatakan “tak terbatas”, ya tinggal ban dan pembalapnya aja, mampu atau tidak! Menurut Motorradonline, power deliverynya sangat baik dan terkontrol (beda dengan yang saya baca di sumber lain-red), torsinya juga melimpah ruah (jelas! L-Twin vs. 4 inline). Kelemahannya adalah pembalapnya! Hahahaha…yup, motor ini butuh waktu adaptasi lebih lama hingga si pembalap mampu memaksimalkan potensinya! Jadi, kalau yang terbiasa bawa 4 silinder Jepang, mereka di alam bawah sadarnya sudah punya limit sendiri, nah, Ducati 748 R ini punya limit di atas motor supersport Jepang, tetapi pembalapnya tak mampu mengeksplorasi kemampuan si bella ragazza ini… Ya, masih sama saja ya dengan Desmosedici di era Stoner!

Btw, ini data lengkapnya, masih auf Deutsch, tapi sampeyan juga paham deh hihihi…

Technische Daten Ducati 748
Modelljahr 2001
Motor
Zylinderzahl, Bauart 2, V-Motor
Bohrung/Hub 88,0 / 61,5 mm
Hubraum 748 cm³
Ventile pro Zylinder vier Ventile pro Zylinder
Verdichtung 11,5
Leistung 71,0 kW (96,6 PS) bei 11000 /min
Max. Drehmoment 74 Nm
Zahl der Gänge Sechsganggetriebe
Hinterradantrieb O-Ring-Kette
Fahrwerk, Räder, Bremsen
Rahmen Gitterrohrrahmen aus Stahl, Motor mittragend
Federweg vorn/hinten 127 mm / 130 mm
Reifen 120/60 ZR 17, 180/55 ZR 17
Bremse vorn/hinten 320 mm Vierkolben-Festsättel / 245 mm Zweikolben-Festsattel
ABS Nein
Maße und Gewichte
Radstand 1410 mm
Lenkkopfwinkel 65,5 °
Nachlauf 97 mm
Leergewicht vollgetankt k.A.
Sitzhöhe k.A.
Zulässiges Gesamtgewicht 385 kg
Höchstgeschwindigkeit 245 km/h
Preis
Neupreis k.A.

090_ducati_748r_bj2000_jk_1024px.jpg.4244328Gimana Bro? Ganteng ya? Wah, ane sih jadi ngidam Cagiva Mito warna kuning nih, soalnya 748 bersurat jauh panggang dari dompet hehe… Cagiva Mito juga masih mahal sih..dan takut kesulitan merawatnya.. galaaaaau……..
080_ducati_748r_bj2000_jk_1024px.jpg.4244310 Sumber: http://www.motorradonline.de/news/ducati-748-r-aus-dem-dia-archiv-gefischt/666528