140_Aprilia_RSV4-RF.jpg.4214054

Babak belur di MotoGP dan gelar juara dunia yang terampas Kawasaki di WSBK membuat Aprilia tentu perlu putar otak. Beda dengan zaman masih ada GP250, kini Aprilia hanya pabrikan balap medioker saja, bahkan di MotoGP seperti anak bawang yang tak perlu diperhitungkan sama sekali.

Untuk meraih kembali image mereka sebagai pabrikan pencipta motor balap yang handal, tentu perlu jagoan. Aprilia RSV yang begitu fenomenal kini mulai jadi motor biasa. Apalagi tenaganya yang hanya 184 PS sudah dinilai tertinggal, karena motor-motor 1000 cc terbaru kini menjanjikan tenaga 200 PS, ya tak terpakai semuanya oleh pemoge biasa sih, tetapi yang namanya juara di atas kertas itu sudah memberikan kepercayaan diri lebih ke si pemiliknya. Dan Aprilia pun akhirnya merilis Aprilia RSV 4 RF yang merupakan penyempurnaan Aprilia RSV 4.

143_Aprilia_RSV4-RF.jpg.4214072

Mesin 65 derajat V4 pun dipermak untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin. MEmbuat motor dengan paket lengkap semakin penting untuk menggempur WSBK, maklum, aturan semakin ketat melarang banyak perubahan ini-itu. Jadi, kalau mau menang WSBK, ya bahan dasarnya harus sudah top! Sebenarnya ini buah simalakama, sebab membuat motor yang top tentu harganya semakin tinggi. Nah, semakin tinggi harga kan peluang jualan motornya semakin berat juga! JAdi, produsen harus bisa benar-benar menghitung, seberapa baik uang yang dikeluarkan itu mempengaruhi performa motor di lintasan balap.

Oke, kembali ke mesin. Kini Aprilia menjanjikan tenaga hingga 201 PS @ 13000 rpm, itu artinya hampir 20 PS lebih kuat yang diperoleh pada 500 rpm lebih tinggi dari versi sebelumnya. Bagaimana Aprilia memperoleh itu? Ram Air elektroniknya diperbaiki untuk memperbaiki arus udara yang masuk ke airbox. Profil kem pun berubah, kabarnya bahkan dengan material baru, lebih ringan hingga 600 Gr. Kop silinder pun juga dedesain baru dengan lubang intake dan out yang dibenahi. Bagian ini pun kabarnya menggunakan material baru sehingga bisa lebih ringan 1,3 Kg. Mesin ini pun disuplai dengan sistem injeksi yang baru. Campuran gas bakar ini akan diatur masukknya ke dalam ruang bakar dengan klep dari titan, baru juga nih.. per klepnya pun baru! Modifikasi ruang bakar pun menaikkan kompresi menjadi 13,6:1 dari sebelumnya yang hanya 13,0:1.

146_Aprilia_RSV4-RF.jpg.4214090

Untuk jadi juara di sirkuit, rangka pun perlu dibenahi. Dan itu dilakukan oleh Aprilia. Mesin duduk lebih rendah di sasis, berarti motor ini lebih mengincar kestabilan di tikungan dan menghindari highsider, minusnya adalah motor tidak terlalu cepat saat hendak menikung atau merubah arah. Untuk benar-benar mengakomodasi kepentingan setting balap, bahkan posisi mesin, komstir dan poros lengan ayun bisa diubah-ubah! Lengan ayun sendiri dikabarkan lebih panjang 4 mm! Mengejar stabilitas di kecepatan tinggi dan memeinimalisir getaran mesin ke ban nih..

Aprilia sendiri menawarkan RSV4 RF dalam versi biasa, limited (dengan suspensi depan-belakang Oehlins) dan versi RR yang siap balap (ditambah suspensi Oehlins dan forged casting wheel). Dengan pembaruan semacam ini, Aprilia versi standard saja sudah lebih dari 21000 Euro, jauh lebih mahal dibandingkan BMW S1000RR. Namun, segitu tidak overpriced juga, silahkan bandingkan dengan Yamaha R1M yang selevel fasilitasnya hehe…

Kalau mau juara, faktor rem dan elektronik juga tak bisa dikesampingkan lagi. Faktor elektronik bahkan menjadi faktor yang sangat menentukan di masa modern ini untuk mengatur akselerasi dan deselerasi motor yang sebenarnya sudah tak bisa dikontrol oleh pembalap biasa, bahkan yang sudah sangat berpengalaman sekalipun. Elektronik Aprilia dikabarkan sangat baik. Yang standar tentunya ABS. Beda dengan ABS pasaran, ABS Bosch pada RSV 4 RF disetting sangat sporty, bahkan dengan race mode, sampeyan masih bisa stoppie lho! Traktion control pun sudah pasti ada, bahkan katanya sangat baik, tetap bisa buka gas, meskipun bagian buritan sudah “mompa” saat keluar dari tikungan, yup, jadi tak perlu mengendurkan gas, tetap bisa tancap terus… Mungkin di TC yang lain, saat motor sedang “mompa”, tenaganya langsung dikebiri TC, nah di Aprilia gress ini tidak.. Jadi memang mengakomodir keperluan balap!

180_Aprilia_RSV4-RF.jpg.4214198

Barangsiapa pesan paket racenya, bahkan APrilia berani berbagi setting via App dan smartphone untuk memberikan data dari tim WSBK mereka! Isinya tak tanggung-tanggung, setting untuk 15 sirkuit di Eropa! Hari gini, dengan kemampuan elektronik yang semakin canggih, settingan tuh bisa berubah-ubah tak lagi dari sirkuit ke sirkuit, bahkan kini dari tikungan-ke tikungan ada setting maksimalnya! Tak heran, saat ui coba di Misano, lap time bisa langsung terpangkas hingga 2 detik dengan setting dari tim WSBK!

Technische Daten Aprilia RSV4 RF
Modelljahr 2015
Motor
Zylinderzahl, Bauart 4, V-Motor
Bohrung/Hub 78,0 / 52,3 mm
Hubraum 999 cm³
Ventile pro Zylinder vier Ventile pro Zylinder
Verdichtung 13,6
Leistung 148,0 kW (201,0 PS) bei 13000 /min
Max. Drehmoment 115 Nm
Zahl der Gänge Sechsganggetriebe
Hinterradantrieb O-Ring-Kette
Fahrwerk, Räder, Bremsen
Rahmen Brückenrahmen
Federweg vorn/hinten 120 mm / 130 mm
Reifen 120/70 ZR 17, 200/55 ZR 17
Bremse vorn/hinten 320 mm Vierkolben-Festsättel / 220 mm Zweikolben-Festsattel
ABS Ja
Maße und Gewichte
Radstand 1435 mm
Lenkkopfwinkel 65,0 °
Nachlauf 105 mm
Leergewicht vollgetankt 201 kg
Sitzhöhe k.A.
Zulässiges Gesamtgewicht 401 kg
Höchstgeschwindigkeit 305 km/h
Preis
Neupreis 21203 Euro

280_Aprilia_RSV4-RF.jpg.4214396

 Sumber:

http://www.motorradonline.de/einzeltest/aprilia-rsv4-rf-im-fahrbericht/656676