100_Zonko_MotoGP_Rookies_Cup.jpg.4251332

Jangan tanya saya nama motor keren ini! Melihat bentuk dan liverynya, mayoritas langsung teringat KTM kan? Yup, memang mengingatkan ke situ. Namun, inilah motor yang digunakan untuk menyeleksi calon pembalap usia 13-16 tahun yang akan mengadu skill di ajang Redbull Rookies yang ujung-ujungnya akan masuk ke Moto3.

Desainnya keren kan Bro? Mirip KTM RC8, tetapi yang satu ini mungil. Meskipun mungil, tenaganya lumayan menggigit. Meskipun tak sesadis motor GP125cc zaman dulu. Doi dibekali mesin Husqvarna 2 tak 125 cc yang tenaganya 34 PS aja… Untuk kelas kompetisi, memang sangat tak maksimal powernya. Jangan heran, mesin yang dicangkokkan ke Metrakit, pabrikan motor balap asal Spanyol ini hanya mesin Husqvarna teknologi jadul. Tujuannya juga bukan untuk kompetisi sesungguhnya, tetapi akan digunakan dalam proses seleksi pembalap selama 3 hari. 12 Pembalap terbaik, berhak mengikuti Redbull MotoGP Rookies Cup. Nah, supaya tak makan banyak biaya, dipakailah mesin 2 tak tua yang dikatakan tahan banting dan mudah perawatannya ini.

200_Zonko_MotoGP_Rookies_Cup.jpg.4251512

Meskipun tenaganya hanya 34 PS, tetapi bobot kering motor 6 percepatan ini hanya 65 Kg! (Berat siap tempur dengan fulltank 11 liter: 76 Kg) Nyaho ga tuh haha…. Tak heran, top speed motor ini bisa 210 Km/jam. Ooya, sebenarnya bisa saja menggunakan mesin KTM RC390 yang dikebiri, tetapi justru kenapa kok yang dipilih mesin 2 tak? Ternyata alasan biaya bukan alasan satu-satunya. Para penilai ingin memperoleh talenta terbaik! Di sinilah mereka butuh karakter 2 tak yang powerbandnya sempit! Kalau pakai motor 4 tak kapasitas besar yang dikebiri tenaganya, perpindahan gigi tak terlalu signifikant, sebab torsi masih mumpuni. Beda dengan mesin 2 tak, pembalap harus jeli mengenali karakternya dan di rpm berapa motor ini tenaganya menggigit! Salah gigi, langsung drop power mesinnya, ujung-ujungnya ya keteteran.

Oke Bro, gitu dulu ceritanya. Ane sih naksir banget sama ini motor. Garis-garisnya rapi dan tak keramaian. Dipakai harian kayanya seru nih hehe..benar-benar seperti mainan…

140_Zonko_MotoGP_Rookies_Cup.jpg.4251404

Sumber:

http://www.motorradonline.de/einzeltest/zonkos-attacke-red-bull-motogp-rookies-cup/658564

Ja

Iklan