20150823_174808-1

Ini mungkin jadi pertanyaan beberapa orang yang kebanyakan penggemar motor berfairing. Mereka merasa bahwa tatakan plat nomor kendaraan dan peletakannya di bagian depan agak merusak tampilan motor berfairing. Argumen yang sering diajukan adalah pembandingan dengan luar negeri yang tidak semua negara mewajibkan ada plat nomor kendaraan di bagian depan motor. Nah, adik saya juga bertanya tentang hal ini. Namun, saya jawab setahu saya saja, bahwa di Indonesia wajib ada plat nomor depan dan belakang.

Nah, kalau di motor yang umum pasti ada.. Dia mempertanyakan, bagaimana dengan moge??? Setahu saya, moge yang masuk dengan legal pun harus lewat kementrian terkait kan, kalau tak salah kementrian perhubungan. Mereka yang akan menentukan wajib atau tidaknya suatu perangkat di sebuah motor. Misalnya kalau di USA wajib ada mata kucing di sisi depan dan belakang motor, maka di Indonesia tidak… Nah, kalau di Indonesia yang wajib ada tatakan plat nomor depan dan belakang.

Saya pun menunjukkan tatakan plat nomor depan di Yamaha R6 yang ada di booth Yamaha di IIMS 2015 lalu. Tuh kan ada…kan R6 masuk dengan legal dan harus tembus TPT. Nah, adik saya langsung bercerita, motor ayah temannya, Yamaha R1 tak dilengkapi dengan tatakan plat nomor depan! Namun, dia belinya bukan dari Yamaha Indonesia, melainkan melalui importir umum, kalau tak salah dari Moto8.

Saya pikir, mungkin karena melalui IU, makanya tak dilengkapi tatakan plat nomor di depan. Tak lama, adik saya menunjuk sebuah R1 yang juga ada di booth Yamaha. Katanya motornya persis seperti yang di display ini:

20150823_175306

Tuh kan..tak ada tatakan plat nomor depannya juga..

YA, entahlah, saya juga bingung, kenapa R ini tak dilengkapi, sedangkan R6nya dilengkapi. Apakah memang belum dipasang, atau memang dari sananya R1 tidak pakai, sedangkan R6 pakai.

Dugaan saya, karena R1 ini khusus display (terlihat ada codet-codet sedikit-red), makanya belum dilengkapi dengan tatakan plat nomor depan.

Saya rasa, kalau memang sudah tenbus TPT untuk dipasarkan di Indonesia, pastinya motor akan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Nah, silahkan lihat Suzuki Hayabusa yang dijual Suzuki di Indonesia berikut ini, sudah diperlengkapi tatakan plat nomor depan toh…

20150823_183712