Boleh jadi itu salah satu istilah yang banyak membuat surfer internet tersesat ke Blog Sesat. Sebuah pertanyaan yang saya pun tak bisa menjawabnya dengan 1-2 kalimat saja. Gampang saja alasannya:

  1. CB 750 di Indonesia tidak banyak, jadi terserah yang jual mau kasih harga berapa, meskipun tentu kelengkapan motor turut mempengaruhi harga.
  2. CB 750 itu hadir puluhan tahun Bro, Ente cari tahun berapa? Kalau cari yang tahun 69 sih dipastikan Ente paham benar motor dan duitnya ga berseri, atau sebaliknya, terlalu naif hihi.. Dijamin ngeri harganya…Maklum, first Superbike yang juga collector item, termasuk di luar negeri sana!
  3. CB750 dianggap motor klassik, meskipun kalau keluaran 90an tak bisa dibilang klassik. Nah, yang namanya motor klassik, ya harganya suka-suka juga, biasanya sih naik terus sesuai inflasi. Namun, kalau mau beli motor klassik, sekarang saat yang tepat lho, maklum, perekonomian lagi lesu gan…

20150823_181333

Nah, yang ini CB650 yang saya jumpai di ajang IIMS 2015 lalu. Yang menjual ada di stand tengah, salah satu rumah restorasi asal Bandung, maaf, kartu namanya ane ketinggalan di rumah hehe.. Pas lihat saya lirik-lirik, dengan ramahnya ada yang menawarkan, bahkan menghidupkan mesinnya.. Wooow, halus dan lumayan rata mesinnya. Saya pegang juga mesinnya saat hidup, minim getaran…pertanda mesin segar bugar, tak hanya penampakannya saja yang lengkap pol!

20150823_181007

Buat saya melihat motor ini nostalgia beraaaaaaaaaaaaaat… Maklum, dulu punya juga, tetapi CB750 police tahun 1982. Persiiiiiiiiiis banget dengan yang ada di depan mata ini, tetapi tak sekomplit yang ini lah. Bedanya saya rasa hanya di kapasitas mesin, lainnya sama plek! Eh, beda dikit engine guard depannya deh..Nah, setahu saya, sebagian besar yang beredar memang CB650! Itu dipakai oleh polisi. Sedangkan yang jatuh ke tangan saya adalah CB750 police, tetapi di BPKBnya dumped milik ABRI.

Jadi kangen deh sama si Bianca Angela, si CB750 saya dulu….Dia cukup spesial, karena itu pertama kalinya saya beli motor pakai uang sendiri di tahun 2010. Harganya dulu sih biasa, tetapi terkesan sangat murah kalau sekarang, hanya 32,5 juta! Itu full paper lho… Bayangkan, sekarang CB200 aja mulai buka 40-50 juta (Nangis garu-garuk tanah-red).

Oh ya, CB 650 ini dilego 135 juta…cukup mahal memang, bahkan sangat mahal pikir saya saat pertama kali mendengar harganya. Namun, setelah pikir-pikir lagi, untuk sebuah motor klassik yang perawatannya tergolong gampang, worthed kok… Motornya lengkap, full paper dan sehat…

Apalagi ya kalau lihat lagi harga CB200 sekarang yang sudah segitu…