ohrstoepsel_1.jpg.4407866

Naik motor yang merupakan hobi kita ini juga punya pengaruh buruk terhadap kesehatan kita. Bukan cuma karena terpaan angin atau terik sinar matahari saja yang bisa menyebabkan banyak penyakit berbahaya, mulai kanker kulit, mati saraf wajah atau gangguan paru-paru basah, tetapi ada yang menimpa kita pelan-pelan: menurunnya daya dengar!

Bagi Bro yang masih muda mungkin belum menyadari ini, tetapi percaya deh, seiring waktu itu pasti terjadi. Kemampuan mendengar kita akan berkurang pelaaaan-pelaaaan, eh tahu-tahu Ente sering ngomong: “HAAAHHH??? APA???”

Dulu saya senang knalpot bersuara besar, lengkingan knalpot di rpm tinggi ataupun desir angin di kecepatan tinggi, semua nikmaaaaaaat, tetapi itu ada harganya Bro… Kuping kita pelan-pelan kena dampaknya.

Nah, di Indonesia hal ini bukan masalah..eh masalah deh, tetapi hampir tak ada yang peduli… Di Jerman sih peduli banget, ketahuan dari indikasi: banyak merek produk sumpelan kuping *maaf istilahnya agak kamse ya-red.

ohrstoepsel_hansaplast1.jpg.4408010

Tuh contohnya..Hansaplast asal Jerman bukan cuma produksi plester doang lho…ada juga produk sumpelan kupingnya. Mungkin kalau ane tersesat ke sana lgi ane beli..ya biar gaya juga ya kaya pembalap MotoGP hihihi..

Namun, untuk lalu lintas Indonesia, agak berbahaya juga kalau kita tak mendengar, maklum, banyak oknum seruntulan dan tak jaga jarak, sehingga kalau kita mau pakai alat ini demi kesehatan pendengaran kita, pastikan kaca spion bisa menunjukkan dengan sangat baik kondisi di belakang dan serong belakang kita..

sumber gambar:

http://www.motorradonline.de/zubehoer-teile-werkstatt/ohrstoepsel-fuer-motorradfahrer-im-produkttest/680802?skip=1#1-671378

Iklan