Ini hanya sebuah artikel yang harusnya tertulis 5 tahun lalu. Yup, terbongkar di dalam draft Blog Sesat dan tertera “5 tahun lalu” membuat saya langsung berpikir, betapa cepatnya hidup ini berlalu.

Apa yang didapat? Banyak sebenarnya… tetapi tetap saja ketika semua itu sudah terlampaui, kok begitu saja ya.. Semua menjadi sejarah…. Semua menjadi cerita.

Kalau ada yang bertanya, bisakah sejarah diubah? Menurut Blog Sesat bisa…

Kejadiannya memang tak bisa diulang dan diubah, tetapi maknanya bisa berubah lho…Apa yang dulu terjadi dianggap menyenangkan, di kemudian hari bisa dianggap sesuatu yang memalukan. Apa yang dulu terjadi dianggap sesuatu kegilaan, sekarang bisa jadi dianggap sebuah tindakan seorang jenius. Apa yang dulu dianggap sebagai kehinaan dan kelainan, sekarang justru dianggap sesuatu yang punya daya jual yang tinggi. Dan masih banyak lagi contohnya…

Oke, tak perlu terlalu filosofis… Kita lihat saja Honda Tiger. Di tahun 1994, ini motor adalah impian, simbol status, terobosan…. Sekarang, tentu sudah kehilangan semua maknanya itu kan… Kejadiannya tak bisa diubah, tetapi kejadian-kejadian lain di kemudian hari bisa dan akan mengubah makna kejadian di hari itu.

-bukan filsuf-