Picture (9)

Pernah mendapatkan permasalahan seperti ini? Pasti pernah, apalagi akalu iseng nyemprot WD40 ke sepatu rem atau cakram.. Dijamin rem cakram Ente langsung rasa rem kereta api hihi…

Nah, kalau lagi jalan, tahu-tahu rem kehilangan daya cengkramnya, itu kenapa ya? Kalau kanvas rem habis, masih lumayan pakem kok, hanya saja piringan cakramnya yang akan tergores-gores, salah-salah malah sangat cepat menipis dan minta ganti cakram.

Kalau lagi jalan mendadak si rem memble, padahal kaliper prima dan hidroliknya prima, nah berarti ada benda asing yang mengotori permukaan kontak cakram dengan sepatu rem. Nah, kelihatan kan oli yang menetes di cakram Tiger saya? Ya ini dia biang keroknya:

Picture (10)

Yup, sil shock depan sudah aus dan minta ganti. Ini terjadi lebih cepat kalau jalanan yang dilalui rusak. Saya mengalaminya waktu membawa si Tiger Hitam ke Jawa Tengah via Pantura yang jalanannya enaknya dilibas pakai BMW GS. oli yang merembes parah itu turun menyusuri suspensi depan dan akhirnya membasahi cakram. Kalau sudah begini obatnya ya harus ganti sil schock depan plus olinya. Cek sekalian kanvas remnya..

Oh ya, jangan coba-coba semprot cairan macam WD40 ke sil karet suspensi depan ya.. Efeknya ya…coba sendiri gih hihihi…