Desas-desus ada problem serius di Yamaha R1 dan R1M di web Inggris dan Amerika Serikat sudah muncul sejak bulan November. Akhirnya Yamaha pun mengumumkan secara resmi, mereka merecall produk superbike andalan mereka yang terbukti sangat kompetitif dengan menjuarai Suzuka 8 hours.

Langkah recall ini begitu penting, sebab bukan sebatas risiko performa motor lagi yang terancam, tetapi taruhan nyawa ridernya. R1 beraura M1 ini bermasalah di gearboxnya!

yzfr1_2015_YAM_YZF1000R1_EU_VRC1_STU_001_03.jpg.4298004.jpg

Perbaikan recall kali ini cukup massiv, motor superbike 1 liter ini harus diganti gigi transmisinya dengan gigi transmisi baru yang sudah dimodifikasi. Di Jerman, Yamaha meminta para pemilik 791 R1 yang sudah terjual secepat mungkin mengandangkan pacuannya ke bengkel resmi Yamaha, tentu sebelumnya mereka harus menghubungi dealer Yamaha untuk dibuatkan janji.

Gigi transmisi harus diganti karena Yamaha mensinyalir kesalahan konstruksi dan pilihan material komponen ini. Gigi 2,3, dan 4 rentan rusak pada beban tertentu dan perpindahan gigi yang kasar. Ini sangat mungkin terjadi jika motor digunakan untuk balapan. Jika transmisi rusak, risiko besar ya ban belakangnya mengunci dan bisa mencelakakan pengendaranya.