Sampeyan pikir yang punya nama MT cuma Yamaha? Nah, ternyata sepantauan Blog Sesat, Honda sudah punya duluan sebelum Yamaha memulainya dengan Moge Yamaha MT-01. MT-01 loh ya, bukan MT-10 yang seharusnya sih kalau mengikuti tradisi masih diberi nama FZ-1, yup, R1 yang ditelanjangi harusnya bernama FZ-1. Namun, buat apa ane protes, toh beli juga nggak hahaa… ini bukti bahwa konsistensi bisa berubah demi kepentingan marketing.

Oh ya, Honda punya MT 250, sebuah motor dual purpose klasik yang hadir di tahun 1974. Sebelumnya Honda punya motor trail CR 250 Elsinore yang bisa disebut special enginenya dengan bobot yang ringan dan tenaga motor yang besar. MT-250 dibuat dari bahan yang lebih murah tentunya, sehingga bobotnya naik dan karakter mesin pun berubah. Fly wheel dibuat lebih berat demi torsi yang lebih cocok untuk motor harian.

Tenaga MT-250 lumayan lho, 16,69 HP, tetapi itu bisa dibilang kecil untuk output sebuah mesin 2 tak 248cc single silinder. Motor berbobot 127 Kg ini tentu dibuat untuk kerja keras dan hidup panjang umur. Tampangnya pun didesain lebih “harian”. Menurut saya sih simple, tetapi dari kesederhanaan itu dan mesin 2 tak 250 cc yang kabarnya gampang banget dinaikkan powernya itu, saya lumayan kesengsem dengan MT-250. Kalau suruh pilih, Yamaha MT-25 dengan Honda MT-250, Blog Sesat tanpa ragu pilih Honda MT-250. Sorry bukan buta merk, tetapi MT-250 memenuhi ekspektasi yang saya idamkan dari sebuah motor dual purpose.

 

1973_Honda_MT250-2-1024x683