Diingatkan oleh Bro Tomcat S, saya kemarin melanjutkan eksperimen yang tertunda cukup lama. Jadi, dulu saya dan beberapa teman percaya bahwa krupuk yang bisa dengan mudah terbakar adalah krupuk yang digoreng dengan minyak goreng campur plastik. Nah, saat itu kami membakar krupuk di tempat kerja kami dan krupuk itu terbakar dan menyala apinya terus hingga krupuk benar-benar hangus dan api pun padam karena kami tiup. Nah, sejak saat itu, kami tak makan lagi krupuk berlangganan itu, meskipun pelan-pelan akhirnya makan lagi dikit-dikit karena tak tahan godaannya hehe..Silahkan dicek lagi cerita lalunya:

https://motorklassikku.wordpress.com/2015/04/24/krupuk-ikan-makanan-khas-negara-maritim/

20160117_171705

Kemarin saya titip nyokap yang pergi ke pasar. Tuh dia barangnya, krupuk sesuai..ya minimal mirip dengan krupuk yang biasa  tersedia di tempat kerja. Saya pun langsung menggorengnya menggunakan minyak goreng yang ada di dapur (tentunya saya harap tak menggandung plastik, kan minyak goreng bermerk jelas)

20160117_172632

Hasilnya lumayan, meskipun jauh lebih kecil dibandingkan yang biasa di warung-warung dan rasanya tak segurih atau sesasin krupuk di warung-warung itu. Namun, makannya merasa lebih tenang kan… Nah, setelah itu, saya pun dengan penuh kepercayaan diri menyelenggarakan eksperimen yang tertunda itu. Kali ini saya cukup yakin, krupuk tak akan terbakar. Saya mengambil lilin dan menyalakannya. Krupuk yang saya goreng pun saya bakar tepiannya. Dan inilah hasilnya:

20160117_173424

Saya pun puyeeeeeeeeeeng………… Sekarang justru semakin tak jelas.

  1. Apakah cara membakar makanan masih bisa digunakan untuk memastikan bahwa minyak goreng dicampur plastik?
  2. Jangan-jangan minyak goreng yang saya pakai mengandung plastik?
  3. Jangan-jangan krupuknya mengandung plastik?

Entahlah Bro… Saya pun coba membakar minyak gorengnya. Sodet yang masih berlumuran minyak goreng saya dekatkan ke api kompor gas.. dan tak terjadi apa-apa. Jadi, saya berasumsi minyaknya aman. Silahkan disimpulkan sendiri Bro..saya pusing hehe…..

Lanjut ah… Selang beberapa hari setelahnya, di atas meja makan ada krupuk udang berukuran kecil yang digoreng sendiri. Karena saya masih penasara, saya coba bakar tuh.. dan hasilnya:

20160119_191114

Yup, menyala dengan mudah. Saya rasa tidak benar sepenuhnya jika kita mempercayai bahwacara mengetest, apakah di dalam minyak mengandung plastik, dapat dilakukan dengan membakar krupuknya. ..