20160124_233346

Kebayang nggak kalau merk motor di atas Ducati? Dijamin gelap mata pada beli kan kalau harganya di bawah 25 juta? Nah, bagaimana dengan Benelli? Merk ini Italia juga lho, sejak 1911 pula.. Kalau kita melihat tradisi balapnya di masa lalu juga lumayan mentereng, ga malu-maluin lah dibandingkan sejarah balap Ducati di era klassik.

Namun, karena bos Benelli bukan lagi Italia dan tak lagi dikuasai Italia plus bukan dibuat di Italia, Benelli kehilangan Italianya… Benelli dipandang sebagai motor Cina, tak beda dengan banyak orang memandang Minerva. Untuk kelas  250 cc keren banget motornya, untuk matic pun oke, terbukti masih bisa terjual dan punya daya jual. Namun, di kapasitas 150 cc yang memakai motor bukan untuk hobby, melainkan untuk kerja, habislah si Benelli TNT 15 ini. Ada yang pernah ketemu ini motor di jalanan? Dijamin langkaaaa… Namun, masalahnya bukan langka karena banyak yang tak sanggup beli, melainkan langka karena tak mau beli…

Kenapa Minerva dulu masih lumayan laris? Mudah saja Bro…Dulu Honda dan Yamaha masih belum benar-benar sikut-sikutan, Honda masih terlalu dominan! Desain motor pun benar-benar ketinggalan dari trend pasar, toh pabrikan besar masih untung… Minerva pun datang dengan desain copy yang menggiurkan.. Karena itulah mereka bisa sukses.. Ditambah lagi dengan info bahwa partsnya bisa substitusi dengan motor umum yang ada di pasaran Indonesia, banyak deh yang berani beli Minerva. Nah, kalau Minerva masih mau coba dengan cara yang sama, saya rasa saat ini pasar Indonesia sudah immun..ga mempan godaan sebatas desain saja. Inilah yang terjadi pada Benelli sekarang, terutama ya TNT 150. Ini namanya salah bidik pasar hehe…

Harusnya, daripada sejalan dengan motor-motor modern ala Honda, Yamaha dan TVS, Benelli bisa bidik pasar pencinta klassik! Kalau Royal Enfield masih terhitung mahal, Kawasaki Estrella pun begitu, disinilah ruang kosong untuk motor-motor klassik dengan pabrikan yang jelas.

Bagaimana kalau yang 250 cc dibuat model begini (tentu dengan penyesuaian):

old-benelli-racing-bike-in-the-town-square-of-pesaro-italy-europe-DGT063

Beneli TNT 15 yang sebenarnya disejajarkan dengan Verza/ NMP atau Yamaha Byson dan ditawarkan dengan harga di bawah 18 juta memiliki banyak keunggulan. Silahkan bandingkan sendiri spesifikasi dan fiturnya dibandingkan Verza.. Kalau Bro fair, pasti menang Benelli. Namun, faktor merek dan goodwillnya yang membuat orang mengurungkan niat… Toh pembeli di kelas ini bukan tergolong pembeli dengan duit tak berseri…

Saya mengkhayal, seandaikan Benelli yang 150 cc itu mengacu ke model yang begini:

benelli-classic-8

Keren kan? Tak harus mengikuti moge looknya Benelli TNT 600… Itu sama saja menmpuh jalur yang ditempuh pabrikan Jepang dan gaya ala pabrikan India…Benelli harusnya tetap mempertahankan imagenya bukan sebagai motor harian, tetapi untuk bikers yang punya passion sama motor sport dan motor klassik… Yah, ini sekedar khayalan sambil menghabiskan waktu karena terjebak hujan hihihi…