Saya enggan menyebutnya sebagai touring, saya lebih senang menyebutnya sebagai sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang harus saya tempuh sendiri, berteman dengan ketidaktahuan dan sedikit ketidakpastian. Yup, saya belum pernah sendirian naik motor sejauh ini, dan pastinya belum pernah naik Vespa. Oh ya, saya bukan anak Vespa juga, jadi kalau si Excel Rose kenapa-kenapa, saya juga tak tahu harus ngapain hehe.. Intinya, perjalanan yang semigila bagi seseorang minim pengalaman seperti saya.

Gambar (6)Tantangan pertama adalah cuaca. Yup, hujan terus kan minggu-minggu ini. Saya berangkat dari pinggiran Jakarta pukul 9 pagi (Maaf kesiangan… hehe). Cuacanya mendung habis hujan, pokoknya kata anak sekarang bisa bikin mager…aka males gerak, tapi tekad sudah bulat…

Berangkat dari rumah, tripmeter Excel Rose menunjukkan 88.031. Langsung tancap gas via Jalan Raya Bogor menuju ke Cisarua Bogor. Memasuki kawasan puncak ada razia motor.. Waduh..deg-degan juga, tetapi berhubung Excel Rose lengkap, lampu menyala, plus tak perlu ngumpet-ngumpet, Excel Rose tak dihentikan… Alhamdulillah sih di beberapa razia yang dilewati, Excel Rose tak pernah dihentikan…mungkin karena Excel Rose dianggap moge kwkwkw…

Dengan kecepatan cruising 70-80 Km/jam, sesekali digeber hingga 100-110 km/jam, Excel Rose tiba di Bandung tengah hari. Dari rumah saya berangkat dengan tanki penuh, nah isi bensin di puncak 15.000 sehingga penuh kembali. Ya, lumayan irit buat ukuran Vespa lah. Oh ya, sampai Yogya melalui jalur selatan habis bensin rp.100.000 (tanki kembali penuh).

Tripmeter menunjukkan 88.695 di daerah Pasar Kembang (dekat Malioboro dan Stasiun Tugu). Berarti total jarak tempuh 664 Km. Namun, itu saya sempat muter-muter sedikit di Tasikmalaya. Rencananya mau lihat menara Eiffel bambu itu. Namun, sampai di sana hujan besar dan sudah mulai malam. Sambil makan mie ayam bakso di Tasikmalaya pun saya menanyakan menara itu, kata yang punya warung sih sudah roboh/dirubuhkan..(entah benar atau tidaknya)..katanya juga banyak mistisnya, ya entahlah..padahal saya sempat berputar-putar juga ditengah guyuran hujan deras, apa daya, belum rejeki…

Saya pun melanjutkan ke Jawa Tengah dan jam 10 malam sampai di salah satu pom bensin di Majenang. Singkat kata, karena habis kehujanan dan daripada kenapa-kenapa, saya pun nginep di hotel kuda laut aka pom bensin wkwkw…

Bukan kenapa-kenapa Bro, kendaraan kencang-kencang..Excel Rose sih bisa mengimbangi, tetapi karena lampunya kriyep-kriyep dan kemampuan mengeremnya Asal Berhenti Syukur (ABS), jalanan kadang lubangnya berbahaya, kondisi cuaca hujan, lebih baik cari aman saja…

Besoknya saya pun melanjutkan perjalanan… Besok saja lanjut ceritanya ya…

20160203_093746

