Sebenarnya ini tidak akan terjadi kalau saya tidak 3 kali ditolak di berbagai tempat tambel ban. Yup, berbekal rasa menyayangkan terjadinya penolakan ini sekaligus penyadaran bahwa buat pengendara Vespa yang bocor ban tidak bisa langsung merasa lega jika melihat tukang tambal ban, saya mencoba kembali melakukan malpraktik yang sudah cukup lama saya tinggalkan.
Ternyata tak sesulit yang saya kira. Tinggal buka tepong kiri, melepaskan mur-mur dengan kunci busi, maka ban serep pun bisa lepas dari dudukannya. Nah, selanjutnya lebih mudah lagi, tinggal buka mur-mur di velg dengan bagian belakang kunci busi Vespa yang ternyata memang dirancang untuk bongkar/ganti ban (maaf, baru tau euy hihihi), maka velg F.A. Italia berbahan alumunium itu pun terpisah 2. Tinggal keluarkan saja ban dalamnya.. Wah, ternyata ada robek kecil…
Dan, setelah saya cuci dan raba bagian dalam ban luarnya, saya bisa menemukan paku kecil ini. Setelah memastikan tak ada benda asing lainnya di dalam bagian ban, baru deh tenang… Apalagi mengetahui bahwa bongkar ban Vespa ternyata malah lebih mudah dan tak perlu keluar banyak tenaga atau berisiko merusak velg. Makanya saya masih bertanya-tanya, kenapa banyak tukang tambal ban yang menolak ya…
Oh ya, karena bannya robek kecil, saya putuskan beli ban dalam baru ring 10 di bengkel yang saya sudah kenal lama dan yakini jual parts Vespa. Alhamdulillah ada, satunya rp. 35 ribu. Tinggal isi angin dan pasang deh nanti… nanti kalau sempat wkwkwk…
7 komentar
Comments feed for this article
22 Februari 2016 pada 3:33 pm
awansanblog
Enaknya vespa, bisa gampang ganti ban, kalo motor jenis lain repoot gantinya 😂
25 Februari 2016 pada 12:22 pm
arieslight
anehnya malah ditolak2 tukang tambel ban ya
22 Februari 2016 pada 7:32 pm
bmspaces
vespa jooss
http://bmspaces.com/wp/2016/02/22/inilah-alasan-pemerintah-menerbitkan-ktp-untuk-anak/
24 Februari 2016 pada 5:31 am
tomcat s
Waktu coba2 tambal ban sendiri, hasilnya gagal total. Ban dalam rusak krn tertusuk obeng ganjal. Ban dalam jga gagal keluar krn obengnya bengkok, nggak kuat – mungkin salah tekniknya…. Nyerah, akhirnya petualangan berakhir di tukang tambal ban… 😦
25 Februari 2016 pada 12:23 pm
arieslight
tapi kan jadi tambah pengalaman dan belajar Bro hehe… Ya, ribetan motor biasa malah, butuh banyak keluar tenaga, lebih banyak alat, dan risiko rusak bibir velgnya..
6 Maret 2016 pada 10:11 pm
kempor7
Salam kenal mbah.
Saya keblasuk sini gara2 postingan velocity stack dll.
Udah gak maenan tiger yo mbah, ganti vespanan.
Btw, Saya dah lama gak maenan Vespa, bikin kangen aja dah Kalo Ada Vespa sliweran d jalan.
Menurut ane, emang mudah bongkar pasang ban Vespa. Kalau udah biasa.
Kalau tukang tambal ban Kan nggak biasa, jd nolak lah. Apalagi kalau vespanya buluk, wahahha.
Atau mungkin tukang tambalnya gak ada stock ban baru ring 10 atau 8.
Jadi ntar kalau mau nawarin diganti aja gak ada gantinya. Untung berkurang.
Wahahah.
Salam.
7 Maret 2016 pada 10:11 am
arieslight
Salam kenal Bro.. aku blom jadi mbah huhuhu
Masih mainan Tiger kok Bro, cuma lagi ga intens aja..Tiger juga lagi ngambek mulu, jadi lagi ga saya pakai…mesti dibenahin dulu mesin n kabel2nya biar joss lagi