Sebuah kalimat yang legendaris ya… Namun, itu penting, salah satunya untuk menghindari false consciousness..ya kira-kira itu terjadi pada kita ketika kita tak sadar bahwa sebenarnya yang kita bisa, kita miliki, kita alami saat ini adalah sesuatu yang masih jauh dari potensi sebenarnya. Nah, kalau begini terus, bagaimana bisa berkembang atau berprestasi?

20160326_220425

Nah, salah satu untuk tak melupakan sejarah adalah dengan berkunjung ke museum, atau yang paling mudah ya membaca. Yang seru buat saya sebagai penggemar motor tentunya membaca majalah-majalah yang lama tersimpan. Nah, begitu menemukan majalah-majalah ini kembali saat beres-beres, saya merasa senang. Daaaan tersadar dari false consciousness saya.. Bukannya tak tau motor zaman dulu itu sudah wow, tetapi jadi lebih teringat dan tersadar lagi. Oh ya, beda ya motor yang dipasarkan di luar dan di dalam negeri. Di luar permotoran terus berkembang, sedangkan di dalam negeri agak beda arah perkembangannya, ya keliahatannya saja lebih modern, padahal sih…..

20160326_215804

Nah, ini adalah iklan sebesar 1 halaman di majalah MotoGP 2002! Ingat, 2002 itu artinya 14 tahun lalu! Saat MotoGP 4 tak baru mau mulai dan masih berpacu dengan motor-motor 2 tak 500cc!

Lihat saja dari perawakan Suzuki FXR 150! Ya saya yakin mayoritas Bro yang tersesat kesini sudah paham, tapi saya tuliskan saja buat yang baru doyan motor ya..

Rem cakram sudah depan belakang dengan Velg berdesain sporty. Fairing juga elegan dan tak berlebihan. Yang tak kalah dahsyatnya adalah lengan ayun dan frame alumuniumnya yang wooooow!!! Bukan besi ya, alumunium! Lebih rigid, kokoh, gagah, tak ngarat dan terlihat elegan! Speedometernya pun sudah digital!

Dan, yang sering jadi bahan ejek-ejekan FB sekarang tentunya power! Motor-motor sport yang katanya high performance itu powernya masih 16-17 PS di atas kertas! Di Dyno masih ada yang di bawah 15 PS malah….itu high performance apa hai performance ya? Sedangkan FXR katanya sih di Dyno sudah 18-19 PS! Itu 12 tahun lalu dengan mesin oil cooled! Makanya ketika Satria FU injection menjanjikan tenaga 18 PS, ya itu BIASA AJA KALEEEEE…. Pesaingnya aja yang powernya payaaaaaah…

*Harap membaca artikel ini dalam keadaan sadar