Bildergalerie: Einsteiger-Naked Bikes Yamaha MT-03 (li.), KTM 390 Duke und Kawasaki Z 300 im Vergleichstest.

Rencana Bajaj berkolaborasi dengan KTM dan wacana KTM akan diproduksi di Indonesia memang menggiurkan. Apalagi gosip yang dihembuskan, harganya bahkan sangat kompetitif, terlalu kompetitif malah menurut Blog Sesat, sehingga harga motor pabrikan Jepang sekelas terlihat kelewat mahal. Blog Sesat tentu mendukung langkah KTM ini, tetapi sebagai konsumen, kita harus hati-hati juga. KTM memang motor Austria yang punya nama besar, terutama di kalangan motor garuk tanah, tetapi nama besar dan asal Eropa tidak jadi jaminan motor mereka lebih baik. Saran Blog Sesat sih, gunakan sesi testride dari pabrikan sebelum membeli! Soal tampang, mayoritas pasti pilih KTM. Baca spek pun, mayoritas pilih KTM, apalagi penghobby motor di Indonesia pelan-pelan mulai dewasa dan mulai tak terlalu mendewakan lagi dua silinder dibandingkan 1 silinder. Yup, Yamaha dan Kawasaki sudah membuat motor bermesin twin pararel menjadi sesuatu yang biasa sajaaaa..

Oke, Kali ini pihak Motorradonline menduelkan 3 motor yang dianggap sekelas dengan harga masih sekelas juga, yakni Kawasaki Z300 (296cc) yang diproduksi di Thailand VS Yamaha MT03 (320cc) yang diproduksi di Indonesia VS KTM Duke 390 (373cc) yang diproduksi di India.

Wir erinnern an die 1000-Punkte-Wertung. Am Ende setzt sich die gelungenste Mixtur durch. Denn während die emotionsstarke KTM bei Bremse sowie Federung schwächelt und die vernünftige Kawasaki an ihrer Bereifung leidet, leistet sich die neue Yamaha keinen Patzer und überzeugt mit einem schnörkellosen und homogenen ­Einstand.

Saya tidak mau mengupas semuanya, sebab hayati lelah abang hehe…

Bro bisa baca sendiri lah dalam bahasa Jerman, ini linknya

Ini saya copas spesifikasinya, pasti masih bisa nebak kan..

Technische Daten Kawasaki Z 300

Technische Daten Kawasaki Z 300
Modelljahr 2016
Motor
Zylinderzahl, Bauart 2, Reihenmotor
Bohrung/Hub 62,0 / 49,0 mm
Hubraum 296 cm³
Ventile pro Zylinder vier Ventile pro Zylinder
Verdichtung 10,6
Leistung 29,0 kW (39,0 PS) bei 11000 /min
Max. Drehmoment 27 Nm
Zahl der Gänge Sechsganggetriebe
Hinterradantrieb O-Ring-Kette
Fahrwerk, Räder, Bremsen
Rahmen Brückenrahmen
Federweg vorn/hinten 120 mm / 132 mm
Reifen 110/70 17, 140/70 17
Bremse vorn/hinten 290 mm Doppelkolben-Schwimmsattel / 220 mm Doppelkolben-Schwimmsattel
ABS Ja
Maße und Gewichte
Radstand 1405 mm
Lenkkopfwinkel 64,0 °
Nachlauf 82 mm
Leergewicht vollgetankt 170 kg
Sitzhöhe 785 mm
Zulässiges Gesamtgewicht 350 kg
Höchstgeschwindigkeit 166 km/h
Preis
Neupreis 5195 Euro

Technische Daten KTM 390 Duke

Technische Daten KTM 390 Duke
Modelljahr 2016
Motor
Zylinderzahl, Bauart 1, Motor
Bohrung/Hub 89,0 / 60,0 mm
Hubraum 373 cm³
Ventile pro Zylinder vier Ventile
Verdichtung 12,9
Leistung 32,0 kW (43,5 PS) bei 9500 /min
Max. Drehmoment 35 Nm
Zahl der Gänge Sechsganggetriebe
Hinterradantrieb x-Ring-Kette
Fahrwerk, Räder, Bremsen
Rahmen Gitterrohrrahmen
Federweg vorn/hinten 150 mm / 150 mm
Reifen 110/70 ZR 17, 150/60 ZR 17
Bremse vorn/hinten 300 mm Vierkolben-Festsattel / 230 mm Einkolben-Schwimmsattel
ABS Ja
Maße und Gewichte
Radstand 1367 mm
Lenkkopfwinkel 65,0 °
Nachlauf 94 mm
Leergewicht vollgetankt k.A.
Sitzhöhe 800 mm
Zulässiges Gesamtgewicht 335 kg
Höchstgeschwindigkeit 160 km/h
Preis
Neupreis 4995 Euro

Technische Daten Yamaha MT-03

Technische Daten Yamaha MT 03
Modelljahr 2016
Motor
Zylinderzahl, Bauart 2, Reihenmotor
Bohrung/Hub 68,0 / 44,1 mm
Hubraum 320 cm³
Ventile pro Zylinder vier Ventile pro Zylinder
Verdichtung 11,2
Leistung 30,9 kW (42,0 PS) bei 10750 /min
Max. Drehmoment 30 Nm
Zahl der Gänge Sechsganggetriebe
Hinterradantrieb Kette
Fahrwerk, Räder, Bremsen
Rahmen Brückenrahmen
Federweg vorn/hinten 130 mm / 125 mm
Reifen 110/70 17, 140/70 17
Bremse vorn/hinten 298 mm Doppelkolben-Schwimmsattel / 220 mm Einkolben-Schwimmsattel
ABS Ja
Maße und Gewichte
Radstand 1380 mm
Lenkkopfwinkel 65,0 °
Nachlauf 95 mm
Leergewicht vollgetankt 168 kg
Sitzhöhe 780 mm
Zulässiges Gesamtgewicht 328 kg
Höchstgeschwindigkeit 170 km/h
Preis
Neupreis 4995 Euro

Kalau kita lihat, KTM sama dijual sama dengan MT03, bobotnya lebih ringan beberapa belas kilogram, mesin paling powerful, satu-satunya yang pakai USD, desain galak, ban Metzeler. Istilahnya, tak usah diduelkan, pasti menang lah kalau diadakan pemilihan suara… Ternyata hasil penilaian redaksi Motorradonline berbeda.

KTM Duke 390 pun berada paling buncit! Performa suspensi dan rem dinilai kurang dibandingkan Z300 dan MT03! Kawasaki Z300 yang dijual paling mahal harusnya memenangkan duel, tetapi ban bawaannya ga oke, akibatnya posisi teratas pun diisi Yamaha MT03! MT03 dinilai paling rapih di urusan handling dan dibandingkan dua lawannya, tidak menunjukkan kelemahan signifikan.

Mau protes??? Jangan sama saya ya… Memang motornya bukan yang dijual di indonesia, tetapi Bro tau kan, basisnya samaaaa….

Sekali lagi, biar puas, test saja motornya. Bagi yang mementingkan gengsi, desain buas, torsi berlimpah dan tenaga terbesar, bisa lirik KTM! Bagi yang suka mesin twin pararel dengan karakter yang lebih tidak menuntut dan lebih nyaman, silahkan lirik produk Kawasaki atau Yamaha.